Lah.. Indonesia Harusnya Sudah Punya Penyimpanan Stok Pangan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Lah.. Indonesia Harusnya Sudah Punya Penyimpanan Stok Pangan

29167_47399_beras ilutrasi 23
ilustrasi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Indonesia sudah semestinya punya tempat penyimpanan stok bahan pangan seperti daging, beras dan lainnya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

“Stok harus merata di mana saja. Instrumen ini yang melakukan siapa, kalau mengandalkan swasta tidak mungkin. Pemerintah itu ya Bulog yang harus bekerja,” kata Ketua Umum Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras Indonesia (Perpadi) Sutarto Alimoeso di kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (12/7).

Menurutnya, penting bagi Badan Urusan logistik (Bulog) dalam menyiapkan stok untuk menjaga keseimbangan pasokan pangan dalam negeri, sehingga tidak perlu lagi ada kegiatan impor.

“Jadi kalau ada kegagalan di pasar, stok bisa dikeluarkan. Lebih jauh dari impor, Bulog yang jadi pelaksana, pemerintah menjaga stabilisasi, kalau sekarang Bulog impor terus. Jangan dilihat Bulognya, ini kan instrumen pemerintah,” jelas Sutarto.

Dengan sistem tersebut, Bulog tidak lagi dianggap sebagai oknum monopoli pangan karena perannya hanya sebagai penyeimbang.

“Pada presentase tertentu menguasainya bukan monopoli. Misalnya beras sekitar 10 persen harus dipasok, daging juga pasokannya harus banyak karena pemainnya sedikit. Kedelai dan jagung juga tidak 100 persen. Harus memberi peluang adanya usaha masyarakat,” pungkas Sutarto yang juga pernah menjabat kepala Bulog. (wah/rmol)

loading...
Click to comment
To Top