Panja Tak Cukup Untuk Selesaikan Tragedi Brexit – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Panja Tak Cukup Untuk Selesaikan Tragedi Brexit

This picture taken on July 2, 2016 shows heavy traffic congestion at a major highway junction in Brebes, a city on the main Indonesian island of Java.
Twelve people have died during a massive three-day traffic jam in Indonesia that stretched more than 20 kilometres (13 miles) and brought thousands of holidaymakers to a complete standstill, an official said on July 8. / AFP PHOTO / ATUL

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani menilai, penyelesaian tragedi angkutan mudik lebaran 2016 tak cukup hanya dengan membentuk Panitia Kerja (Panja). Yang paling pas menurut juru bicara FPPP DPR, Arsul Sani ini, adalah Panitia Khusus (Pansus).

Arsul menyebutkan alasan perlunya dibentuk Pansus karena peristiwa di Brebes Exit (Brexit) Tol merupakan kewenangan lintas komisi. Selain peran Kementerian Perhubungan dan Kementerian PU-Pera, di sana juga ada kewenangan kepolisian sebagai mitra komisi III.

Kemudian, ada tanggung jawab Pemerintah Provinsi yakni Jawa Barat dan Jawa Tengah yang merupakan domain komisi II.

“Kalau panja saja, maka saya khawatir itu tidak tuntas. Barangkali lebih tepat, Pansus,” kata Arsul, saat dihubungi, Selasa (12/7).

Namun, pembentukan Pansus menurut anggota komisi III itu harus dibicarakan secara matang. Tujuannya harus jelas, tidak sekedar mencari siapa yang salah dalam insiden Brexit Tol.

“Kalau bentuknya pansus, itu harus kemudian melahirkan sebuah rekomendasi, putusan tentang manajemen arus mudik dan arus balik untuk hari-hari raya yang akan datang. Secara umum PPP tidak keberatan,” tambahnya. (fat/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top