Politikus PDIP Tegaskan Abu Sayyaf Sejajar dengan Alqaeda dan ISIS – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Politikus PDIP Tegaskan Abu Sayyaf Sejajar dengan Alqaeda dan ISIS

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Politikus PDI Perjuangan, Charles Honoris menyatakan bahwa Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menempatkan Abu Sayyaf yang berbasis di Filipina Selatan sebagai kelompok teroris bersenjata. 

Menurut Charles, PBB menyejajarkan kelompok Abu Sayyaf dengan Alqaeda dan ISIS.

“Perlu diingat ya, PBB menyejajarkan Abu Sayyaf sebagai anggota teroris, tidak ada bedanya dengan Alqaeda atau ISIS,” kata Charles, di Jakarta, Selasa (12/7).

Penegasan PBB atas kelompok Abu Sayyaf lanjut dia, mestinya mendorong pemerintah Filipina untuk lebih terbuka kepada negara-negara tetangganya membangun kerja sama.

“Misalnya, yang saya ketahui sekarang, keterlibatan Indonesia dalam menyikapi Abu Syyaf itu hanya sekadar observing capacity. Ke depan, kalau memang Filipina tidak bisa menangani ini, harus diperjelas posisi Indonesia dan itu dibicarakan saja secara terbuka,” sarannya.

Selain Indonesia, anggota Komisi I DPR ini juga menilai Malaysia hendaknya juga dilibatkan secara penuh dalam penumpasan kelompok Abu Sayyaf.

“Mungkin tidak hanya pemerintah Indonesia, Malaysia sebaiknya juga ikut secara bersama-sama memberantas kelompok Abu Sayyaf itu,” pungkasnya. (fas/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top