Tenyata Aplikasi Game Pokemon Go Berekstensi APK Sangat Berbahaya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Interest

Tenyata Aplikasi Game Pokemon Go Berekstensi APK Sangat Berbahaya

FAJAR.CO.ID,-Aplikasi game yang saat ini sedang booming di seluruh dunia bahkan di Indonesia yang diluncurkan oleh Nintendo dan Niantic pada 4 Juli lalu berhasil menarik perhatian sejumlah para gamers bahkan pengguna smartphone, baik berbasis iOS maupun Android.

Saking tingginya animo publik Niantic mesti menunda perilisan secara global Pokemon GO dan hanya membatasi hanya bagi para pengguna di Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru yang bisa mengunduh permaingan tersebut.

Namun para penggila game Android di luar tiga negara tersebut terutama di Indonesia seperti tidak kehilangan akal. Demi bisa mencoba dan menghilangkan rasa penasaran terhadap game ini, mereka rela mengunduh file instalasi Pokemon GO dalam bentuk APK dan memasangnya ke dalam ponsel Android mereka.

Padahal cara ini sebetulnya “memotong” sistem pengaman bawaan Android yang tidak memperbolehkan instalasi aplikasi apapun di luar jalur resmi yakini Google Play Store. Benar saja, antusiasme pengguna Android terhadap game Pokemon GO ini telah dimanfaatkan oleh para peretas yang menyebarkan APK Pokemon GO yang sudah disusup malware.

Informasi terbaru mengenai hal ini, seperti yang kami kutip dan dilansir dari Tech Time, Senin (11/7), menyatakan bahwa ada malware yang menginveksi Pokemon GO diduga merupakan Droidjack yang juga dikenal sebagai SandroRAT.

Pokemon Go yang terinfeksi telah disusupi malware selama kurang dari 72 jam setelah perilisan resminya di wilayah Amerika, Australia dan Selandia Baru. Selain itu, peretas juga memanfaatkan waktu perilisan secara bertahap, terutama di wilayah yang belum dirilis, dengan menginfeksikan pada program APK.

Jika sudah terlanjur mengunduh APK, ada baiknya untuk mengecek apakah perangkat yang digunakan aman atau terinfeksi dari malware tersebut.

Salah satu cara yang disebutkan Proofpoint yakni dengan mengecek perizinan (permission) dari Pokemon Go dengan mengunjungi menu pengaturan dan masuk ke daftar aplikasi. Di bawah perizinan aplikasi terdapat tanda bendera berwarna merah yang mengindikasikan adanya malware DroidJack.

pokemon-go-malware

Malware tersebut dapat memungkinkan dapat memberikan akses penuh kepada penyerang dengan mengontrol perangkat korbannya dengan cara mengakses untuk membuat panggilan telefon, pesan SMS, rekaman suara, modifikasi kontak, membaca history dan bookmark internet, serta menyambung dan memutus koneksi Wifi.

Proofpoint sendiri menyarankan untuk mengunduh aplikasi Pokemon Go secara resmi setelah waktu perilisan tiba, dikarenakan file APK tidak menjalani percobaan dan pemeriksaan dari toko aplikas resmi.[warkopanime/FAJAR/robi]

 

source: WarkopAnime

Click to comment
To Top