Di Masa Depan Nanti, Kendaraan Bermotor Akan Ditenagai Air Seni Manusia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Teknologi

Di Masa Depan Nanti, Kendaraan Bermotor Akan Ditenagai Air Seni Manusia

FAJAR.CO.ID – Mungkin akan datang saatnya nanti dimana manusia akan meninggalkan penggunaan bahan bakar fosil untuk selamanya. Sudah banyak penelitian yang dilakukan oleh para ahli dunia untuk menemukan bagaimana mencari pengganti bahan bakar minyak dengan sumber energi yang lebih murah.

Salah satunya datang dari University of the West of England di Bristol yang dikabarkan tengah menciptakan metode yang mampu merubah air seni manusia menjadi energi listrik sebagai penghasil tenaga kendaraan bermotor.

Para peneliti ini menggunakan sistem Microbial Fuel Cell (MFC) yang mampu mendayagunakan mikroorganisme untuk menciptakan energi sebagai bagian dari proses metabolik.

“Mikroorganisme sangat lah efisien, namun dalam mengkonversi materi organik menjadi sumber energi, sistem MFC yang sukses hanya sebesar 60 persen saja,” kata Ioannis Ieropouluos selaku kepala peneliti dan direktur Bristol BioEnergy Centre seperti dikutip dari BBC.

“Masih ada beberapa percobaan lainnya lagi yang harus dilakukan sebelum kami dapat meyakini senyawa dan konsenstrasi yang dapa mengganggu proses pembuatan energi ini,” jelas dia.

Saking menjanjikannya teknologi ini, Bill dan Melinda Gates pun sangat tertarik untuk dapat memajukan proyek ambisius ini. Kini teknologi ini tengah dikembangkan melalui Oxfam dan diharapkan mampu menyediakan mesin berbahan bakar air kencing manusia kepada negara-negara berkembang di masa yang akan datang.

loading...
Click to comment
To Top