Makar, Polisi Bekuk 69 Aktivis KNPB di Timika – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kriminal

Makar, Polisi Bekuk 69 Aktivis KNPB di Timika

Polisi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Kombes Martinus Sitompul membenarkan adanya penangkapan 69 aktivis Komite Nasional Papua Barat (KNPB) oleh Polres Timika pada Selasa (12/7) kemarin. 

Penangkapan itu dilakukan karena  diduga melakukan tindak pidana makar.

‎”Kami lakukan pengamanan, dalam artian kami periksa 69 orang. Lalu ada dua orang yang merupakan pelaku, inisial YA (Ketua 1 KNPB Mimika) dan SU (Sekretaris KNPN Mimika),” ujar Martinus, Rabu (13/7) di Mabes Polri.

Mantan Kabid Humas Polda Metro ini menerangkan, peran kedua pelaku terkait ‎pengerahan pasukan untuk memisahkan diri dari NKRI. Kini keduanya terus diperiksa intensif dan dikenakan Pasal 169 KUHP.

“Mereka diduga menyebarkan selebaran provokasi untuk melakukan demo supaya memisahkan diri dari NKRI. Sebagai negara hukum dan negara yang berdaulat, perlu dilakukan penegakkan hukum.” tegas Martinus.

Ia  menjelaskan, demonstrasi yang dilakukan kelompok pelaku  dengan menggalang suara bagi gerakan pembebasan Papua untuk bergabung dengan Melanesia Spearhead Group (MSG).

MSG sendiri adalah organisasi lintas pemerintah di kawasan Pasifik Selatan yang terdiri dari empat negara Melanesia yaitu Fiji, Papua Nugini, Kepulauan Solomon dan Vanuatu.

“Mereka menggabungkan diri dulu dalam MSG lalu mereka dapat hak suara disitu. Apabila sudah memiliki hak suara di MSG sebagai anggota, akan ada klausul untuk memisahkan diri dari Indonesia,” tambahnya.‎ (elf/JPG)

loading...
Click to comment
To Top