Mencuri Ikan, Polisi Tangkap Kapal Berbendera Malaysia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Mencuri Ikan, Polisi Tangkap Kapal Berbendera Malaysia

FAJAR.CO.ID, SUMUT- Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Malaysia ditangkap di perairan Sumatera Utara karena diduga melakukan illegal fishing.

“Kapal Anis Kembang BKO Polda Sumut telah memeriksa dan menangkap satu buah KIA Malaysia dalam patroli pada Selasa (12/7) pukul 10.00 WIB,” ujar Direktur Polair Baharkam Polri Brigjen M. Chairul Noor Alamsyah kepada redaksi, Rabu (13/7).

Kapal asing itu diketahui bernama PKFA3378 milik seseorang bernama Lim Ho Soon dan dinakhodai warga negara Thailand bernama Tepparak Insorn. Dengan jumlah anak buah kapal (ABK) terdiri dari satu warga negara Thailand dan tiga warga negara Kamboja.

“Mereka membawa lebih dari lima ton ikan campuran,” jelas M. Chairul.

Dia menambahkan, penangkapan bermula saat kapal patroli BKO Polda Sumut mendeteksi dan mencurigai sebuah kapal yang sedang melakukan penangkapan ikan dengan pukat trawl.

“Setelah dilakukan pengejaran, penghentian dan pemeriksaan diketahui bahwa kapal itu adalah KIA berbendera Malaysia yang melakukan penangkapan ikan di wilayah perairan Indonesia tanpa dilengkapi dokumen yang sah dan alat tangkap yang dilarang,” bebernya.

Atas perbuatannya mereka diduga melanggar pasal 93 ayat 2 dan ayat 4 junto pasal 85 Undang-Undang Nomor 45/2009 tentang Perikanan.

“Selanjutnya kapal asing ini diserahkan ke Dit Polair Polda Sumut,” demikian M. Chairul. [wah]

Click to comment
To Top