Diburu Investor Tiongkok dan Taiwan, Batu Akik Ini Kembali Trend – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Diburu Investor Tiongkok dan Taiwan, Batu Akik Ini Kembali Trend

FAJAR.CO.ID, MAMUJU, — Batu akik ngalo merupakan batu akik yang berasal dari  wilayah kabupaten Mamuju, provinsi Sulawesi Barat, Menariknya, Meskipun trend batu akik telah lama hilang, namum Batu akik jenis ini hingga sekarang masih di buruh para investor dari taiwan dan Tiongkok. 

Para investor ini mempercayai kalau batu akik yang berasal dari wilayah pesisir pantai dan di pegunungan ini, bakal membawa hokki. Hal tersebut diungkapkan Rahman, salah seorang anggota LSM yang berdomisili di kabupaten Mamuju.

Dilansir dari BKM, (Fajar Group), ternyata batu ngalo berasal dari berbagai wilayah di kabupaten Mamuju. Seperti diungkapkan Iccang, batu akik ngalo tersebar diberbagai kecamatan, seperti Kecamatan Tappalang Barat dan Kecamatan Simboro, termasuk jenis batu akik terbaik di dunia. Bahkan dipercaya menjadi batu akik pembawa hokki bagi mayarakat Tiongkok maupun Taiwan.

”Makanya, beberapa investor dari Tiongkok dan Taiwan sudah mulai marak berdatangan ke kabupaten Mamuju, untuk mendapatkan langsung jenis batu ngalo tersebut,” papar Iccang. Rabu (13/7)

Bahkan, para investor pecinta batu ngalo ini tak tangung-tanggung menawar harga dari puluhan juta rupiah hingga ratusan juta rupiah, sesuai jenis dan tingkat kadar yang terkandung dalam batu ngalo tersebut. ”Iya pak.

Banyak masyarakat di sini sudah pergi menambang batu. Karena harganya cukup tinggi. Pembelinya itu rata-rata orang Cina (Tiongkok, red). Dan biasanya itu transaksi di hotel,” kata Edo, salah seorang warga kecamatan Simboro, kabupaten Mamuju.

Iccang menambahkan, batu bongkahan yang dijual tidak boleh cacat. Kalau batu akik Ngalonya tidak cacat dan utuh, maka harganya juga tidak tanggung-tanggung. Biasanya, satu bongkahan besar dijual dengan harga Rp30 juta sampai Rp50 juta. (ala/mir/c/bkm/fjr)

loading...
Click to comment
To Top