Reshuffle Kabinet, DPR Dukung BG Jadi Kepala BIN – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Reshuffle Kabinet, DPR Dukung BG Jadi Kepala BIN

Charles Honoris

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Anggota Komisi I DPR Charles Honoris mendapat sinyal Sutiyoso akan dilengserkan dari jabatannya sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). 

Pasalnya, Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu mengangkat mantan Kepala Datasemen Khusus 88 Anti Teror Gories Mere sebagai staf khusus bidang intelijen‎. 

“‎Pengangkatan Gories Mere sebagai staf ahli bidang intelijen memberikan sinyal cukup jelas kemungkinan istana tidak percaya dengan kepala BIN saat ini,” ujarnya kepada JawaPos.com (Fajar Group) di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (14/7). 

Charles menganggap bahwa kinerja Sutiyoso sebagai kepala BIN kurang cakap. Pasalnya, ia belum bisa berkoordinasi dengan baik bersama aparat penegak hukum seperti kepolisian dalam menanggulangi terorisme. “Saya belum melihat prestasi menonjol dari kepala BIN saat ini,” sebutnya. 

‎Lantas, siapa yang cocok untuk menggantikan Sutiyoso sebagai kepala BIN?

Kata dia, sejauh ini sudah ada nama yang mencuat sejak penunjukkan Tito Karnavian sebagai Kapolri menggantikan Badrodin Haiti. Yakni, Budi Gunawan (BG)‎

Menurut politikus PDIP itu, B‎G memiliki prestasi cukup baik untuk bisa menjadi kepala BIN. “Kapasitasnya sebagai Wakapolri, polisi yang berkarir puluhan tahun, track record di kepolisian, saya kira nanti bisa berkoordinasi baik dengan Kapolri Tito, Densus 88,” tutur Charles. 

Untuk itu, ia mendukung jika memang Jokowi mengangkat BG sebagai kepala BIN yang baru. “Kalau presiden memang mengangkat BG sebagai Ka-BIN (kepala BIN)‎, saya kira bagus,” ucapnya. 

Nah, untuk berkoordinasi baik dengan Badan Penanggulangan Terorisme (BNPT), Charles juga meminta agar Jokowi segera menemukan sosok yang tepat mengisi tempat yang ditinggalkan Tito itu. 

“‎Banyak orang bagus yang ada mislanya Petrus Golose (‎Deputi Bidang Kerja Sama Internasional BNPT Irjen Pol Petrus Reinhard Golose) yang berpengalaman di bisang terorisme,” pungkas legislator asal Jakarta itu. (dna/JPG)

loading...
Click to comment
To Top