Kunjungi Korban Penggesaran Tanah, Jaro Ade Janji Relokasi Korban – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Kunjungi Korban Penggesaran Tanah, Jaro Ade Janji Relokasi Korban

FAJAR.CO.ID, BOGOR- Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Ade Ruhandi tampak prihatin saat mendatangi lokasi kejadian korban bencana pergeseran tanah, yang terletak di Kampung Sikantor RT 01/05 Desa Malasari Kecamatan Nanggung, Bogor.

Dalam kunjungannya, Jumat (15/7) siang tadi, pria yang lebih akrab disapa Jaro Ade itu juga ditemani anggota Komisi VII DPR dari dapil Kabupaten Bogor, Adian Napitupulu.

Hampir seluruh warga di lokasi, antuasian menerima kunjungan rombongan Jaro Ade. Mereka meminta untuk segera direlokasi. Jumlah korban becanan ini mencapai 58 kepala keluarga. Selama ini, mereka masih tinggal di pengungsian.

Heni, salah seorang warga yang terkena bencana mengaku takut kembali ke rumah apabila cuacanya hujan. “Kami khawatir takut longsor, karena saat ini rumah kami sudah retak-retak temboknya, tanahnya bergeser,” katanya.

Hal senada juga diungkap Adian Napitulu. Sebagai perwakilan dari Komisi VII DPR RI dia meminta agar pemerintah Kabupaten Bogor segera merelokasi korban bencana. “Kalau pemerintah daerah kekurangan anggaran untuk membantu masyarakat bisa mengajukan ke pemerintah pusat, tapi saya yakin Ketua Dewan dan Bupati Bogor bisa menanggulanginya melalui APBD Kabupaten Bogor,” tandas Adian.

Jaro Ade pun berjanji akan membantu melalui rapat anggaran. Dia memahami ketakutan warga yang terkena bencana. Apalagi, cuaca masih kurang bersahabat. “Saya masih menunggu dari pihak ESDM terkait kajian yang telah dilakukan, oleh tim geologi apakah tanah tersebut masih layak atau tidak untuk dihuni. Saya meminta kepada pemerintah (eksekutif) Kabupaten Bogor untuk mengusulkan relokasi secepatnya untuk masyarakat di Malasari, agar tahun 2017 bisa terealisasi,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Jaro Ade juga memberikan bantuan simbolis 200 paket sembako kepada warga Kampung Sikantor. “Saya juga mengucapkan terima kasih kepada PT Antam yang telah memberikan bantuan kepada warga yang terkena bencana. Saya berharap mereka terus membantu warga Sikantor, Malasari dan warga lainnya yang ada di Kecamatan Nanggung,” imbuhnya.

Selain Adian Napitupulu, di dalam rombongan ini juga terlihat Dandim Kabupaten Bogor Letkol Czi Dwi Bima Nurahmat dan Muspika Nanggung, serta anggota Komisi 2 DPRD Kabupaten Bogor, Budi Sembiring, anggota Komisi 3 Yusep, GM PT Antam, Camat, Danramil dan sejumlah tokoh masyarakat. (adk/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top