Malaysia Klaim Dua Sungai di Kaltra. Fadli Zon Desak Lihat Koordinat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Malaysia Klaim Dua Sungai di Kaltra. Fadli Zon Desak Lihat Koordinat

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Malaysia kini mengklaim dua sungai di perbatasan wilayah Kalimantan Utara, yakni Sungai Sumantipal dan Sungai Sinapad, sebagai miliknya. Bahkan informasi yang diterima DPR, sudah ada pembangunan oleh Malaysia di Semantipal.

“Kalau tidak salah perbatasan kita dengan Malaysia  itu ada perjanjian yang terkait dengan koordinat. Jadi mereka bisa saja memindah-mindahkan patok, tetapi koordiatnya tidak bisa dipindah karena tetap,” kata Wakil Ketua DPR, Fadli Zon kepada wartawan, Kamis (14/7).

Fadli melanjutkan, jika kedua sungai itu masuk wilayah koordinat Indonesia yang disepakati kedua negara maka pemerintah harus mengajukan nota protes. Selain itu juga mengambil alih lokasi itu dengan cara yang disepakati antara pemerintah Indonesia dengan Malaysia.

“Jadi harus dicek koordinatnya masuk wilayah kita atau bukan. Jadi jangan didasarkan pada patoknya,” terang wakil ketua umum Partai Gerindra tersebut.

Menurut Fadli, kasus klaim ini harus ditanggapi serius jika menyangkut kedaulatan NKRI.

“Tidak boleh sejengkal wilayah pun diambil negara lain. Ada kasus seperti dulu Sipadan Ligitan, Ambalat. Ini tidak boleh wilayah kita diambil walau sejengkal,” tegasnya.(wid/rmo)

Click to comment
To Top