Polri Antisipasi Aksi Teror Seperti di Prancis – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Polri Antisipasi Aksi Teror Seperti di Prancis

084804_255006_truk

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Aksi teror menggunakan truk dengan menabrak warga seperti yang terjadi di Nice, Prancis, Kamis (14/7) malam waktu setempat, membuktikan serangan teroris tak melulu menggunakan senjata dan bom. 

Menanggapi itu, Mabes Polri memastikan bahwa deteksi dini pada teror bukan berdasarkan terjadinya jual-beli senjata dan bom. Namun, deteksi dilakukan dengan memetakan orangnya dengan meninjau ke mana jaringan teroris yang masih hidup.

“Upaya yang harus kami antisipasi termasuk kemungkinan-kemungkinan seperti itu terjadi di daerah Indonesia,” kata Kadiv Humas Irjen Boy Rafli di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (15/7).

Belakangan ini, lanjut Boy, memang serangan teroris seakan serentak terjadi di penjuru dunia. Hal ini disinyalir, sebagai bentuk bahwa teroris, terutama ISIS menunjukkan eksistensinya berdasarkan serangan yang terjadi.

‎”Yang penting kami sudah ingatkan kepada semua jajaran untuk melakukan upaya pencegahan maksimal melalui kegiatan deteksi dini. Kemudian deteksi aksi apa yang terjadi di sana (Prancis) bisa saja dicontoh. Tetapi kondisi seperti itu harus dicermati dan itu menjadi atensi juga bagi Bapak Kapolri Jenderal Tito Karnavian,” jelas Boy.

Di sisi lain, Boy mengakui bahwa serangan teroris bisa terjadi tanpa mengenal waktu dan tempat. Karenanya, selain dilakukan deteksi dini, Polri juga melakukan pengawasan sehingga serangan teroris dapat ditanggulangi.

“Perkembangan global sekarang ini, penyebaran radikalisme, paham ISIS kita harus terus mengantisipasi perubahan itu dan tentu ditindaklanjiti dengan peningkatan kemampuan operasional di lapangan. Kemudian upaya melibatkan masyarakat luas di dalam pencegahan sangat diharapkan. Kita semua, baik Kapolda, Kasatwil, sampai Kapolsek setempat juga harus meningkatkan fungsi bintara pembinaan dan keamanan ketertiban masyarakat (babinkamtibmas),” tandas Boy. (mg4/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top