Ribuan Vaksin Palsu Ditemukan di Sumatera – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Ribuan Vaksin Palsu Ditemukan di Sumatera

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Bareskrim Polri terus melakukan pengusutan terhadap peredaran vaksin palsu. Kini total ada 20 tersangka dan 14 rumah sakit terindikasi menerima vaksin palsu untuk diberikan ke pasiennya.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar mengatakan, setelah penyidik dari Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri melakukan penyelidikan, ternyata didapatkan puluhan ribu vaksin palsu yang telah menyebar ke Pulau Sumatera.

“Di Sumatera ada yang terindikasi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) langsung bergerak cepat untuk mengamankan barang bukti,” kata Boy di Mabes Polri, Jumat (15/7).

Penyitaan ini, kata Boy, agar vaksin palsu yang ada di daerah tidak digunakan dulu hingga proses penyelidikan selesai.

“Jumlahnya ada puluhan ribu, saya tidak bisa pastikan akan kita lihat dari daftar manifest pengiriman dari masing-masing (rumah sakit),” sambung dia.

Untuk mengetahui jumlah pasti dari vaksin palsu terdistribusi ke rumah sakit maupun ke pasien, perlu dilakukan penyetopan pendistribusiannya.

“Ini perlu inventarisasi dan butuh waktu yang terpenting adalah setop distribusi vaksin palsu kepada masyarakat. Itu langkah pertama yang kita lakukan. Lalu baru kita tata yang bisa menjadi alat bukti dan barang bukti (kejahatan),” timpal mantan Kapoltabes Padang itu.

Saat disinggung apakah kemungkinan ada pihak rumah sakit atau dokter yang terlibat lagi dalam peredaran kasus ini, Boy menyebut hal itu bisa saja terjadi.

“Kemungkinan besar ada cuma saya belum bisa katakan dokter yang mana. Tetapi yang jelas kemungkinannya ada karena begitu meluasnya,” tutup dia. (elf/JPG)

Click to comment
To Top