Tips Cara Aman Ketika Bermain Pokemon Go – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Interest

Tips Cara Aman Ketika Bermain Pokemon Go

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Hampir sudah 2 pekan ini game yang sedang marak digandrungi oleh penggila game bukan hanya di Indonesia namun di seluruh dunia. Apa lagi kalau bukan Game Smartphone Pokemon Go besutan Niantic Labs yang kerjasama dengan Nintendo tersebut telah sukses besar merebut hati para gamers.

Game yang mengandalkan GPS serta VR Kamera belakang ponsel smartphone ini harus memaksa para pemainnya untuk berjalan untuk memburu para Pokemon yang tersebar diberbagai tempat seluruh dunia.

Game ini sedang populer di berbagai negara. Game Pokemon GO ini langsung digandrungi bukan hanya oleh para remaja, tapi juga orang-orang dewasa. Dengan banyaknya pemain game ini, beberapa pihak yang memanfaatkannya untuk berbuat jahat.

Beberapa waktu lalu diberitakan seorang pemain dirampok ketika mengunjungi sebuah PokeStop. Modusnya, si penjahat menebar item di sekitar Pokemon Point untuk memancing pemain lain. Lalu, para penjahat ini merampok pemain yang datang. Kalau kamu mulai memainkannya juga, sebaiknya kamu simak beberapa tips ini agar kamu bisa bermain dengan aman.

Selalu Ingat Waktu

Ada beberapa feature di dalam game ini yang mengharuskan kamu menunggu selama beberapa menit. Menunggu feature tersebut sampai selesai tidak akan terasa membosankan bila kamu menunggu di PokeStops atau saat ada Party. Di kedua tempat itu, kemungkinan besar kamu akan bertemu pemain lain. Selagi menunggu, kamu bisa bertarung atau sekedar mengobrol dengan pemain lain. Akan tetapi, kamu tetap harus ingat waktu. Jangan sampai kamu menghabiskan waktu terlalu banyak untuk bermain game ini hingga lupa untuk mengerjakan tugas atau bahkan melewatkan salat. Kamu juga harus memberi kabar pada orang tuamu agar mereka tidak khawatir.

Siapkan Minuman dan Makanan Kecil

Untuk mendapatkan Pokemon kamu tentu perlu pergi ke luar rumah. Semakin jauh jarak yang kamu tempuh, semakin banyak poin yang kamu dapat. Bila kamu keluar rumah, pastikan kamu membawa minuman agar kamu terhindar dari dehidrasi selama menangkap pokemon. Jangan lupa juga untuk membawa makanan kecil yang bisa kamu nikmati sambil bersantai di PokeStops. Dengan membawa minuman dan makanan, kamu dapat menikmati perjalananmu tanpa takut kelaparan maupun kehausan.

Perhatikan Jalan yang Kalian Lalui

Ketika ada seekor pokemon yang berada di sekitarmu, akan ada pemberitahuan yang masuk ke dalam handphonemu. Kamu mungkin bersemangat ketika mengetahui ada pokemon di dekatmu. Lalu kamu bergegas keluar rumah untuk menemukan pokemon ini. Kamu mengikuti GPS yang tertera di layar. Jika kamu tidak memperhatikan jalan yang kamu lalui, kamu mungkin akan tersandung atau bahkan tersesat. Sebaiknya selain melihat arah dari GPS di dalam aplikasi, kamu juga memperhatikan jalan yang kamu lalui.

Hal ini juga berlaku bila kamu bermain sambil menyetir. Ada kemungkinan seekor Pikachu muncul di dashboard mobilmu. Bila kamu terlalu asyik bermain dan tidak memperhatikan jalan, kemungkinan besar kamu akan mengalami kecelakaan lalu lintas. Bila kamu ingin bermain game ini, sebaiknya kamu berhenti terlebih dahulu atau meminta temanmu untuk menggantikanmu menyetir. Selain sebagai hiburan, game ini juga memiliki tujuan bagi para pemainnya agar keluar dari rumah dan menikmati lingkungan, bukan hanya fokus untuk menangkap pokemon melalui layar.

Pastikan Kalian Mengetahui Letak PokeStops

Kamu melihat ada beberapa PokeStops ketika kamu sedang bermain. Kamu berniat mengunjungi salah satunya. Sebelum menuju PokeStops, sebaiknya kamu memastikan bahwa kamu mengetahui tempat yang akan dituju. Bila kamu belum tahu benar lokasi yang akan kamu datangi, sebaiknya berhati-hati agar tidak tersesat atau lebih buruk lagi bertemu dengan orang jahat. Mengingat banyaknya kasus kriminal terkait game ini, sebaiknya kamu ekstra hati-hati jika berada di tempat baru. Memang tidak ada salahnya mendatangi tempat baru, tapi pastikan tempat ini aman dan dekat dengan keramaian sehingga kamu bisa bermain dengan tenang.

Bijak dalam Membeli Item

Layaknya game lain, Pokemon GO juga menawarkan beberapa item berbayar. Jika Pokeball-mu habis, maka kamu harus membelinya di menu Shop. Kamu juga bisa membeli ‘ransel‘ agar bisa membawa lebih dari 50 Pokeballs. Tapi tunggu, untuk membeli item dalam game ini, kamu juga harus mempertimbangkan uang yang akan kamu keluarkan. Jangan sampai kamu menghabiskan banyak sekali uang untuk membeli banyak item dalam game ini. Hobi bermain game memang tidak salah, tapi kamu juga harus mempertimbangkan kebutuhanmu yang lainnya.

Kembali ke Dunia Nyata

Bermain game memang mengasyikkan. Apalagi Pokemon GO menawarkan permainan yang berbeda dari game lain. Dengan Pokemon GO kamu bisa bermain sambil berada di luar ruangan. Kamu juga bisa merasakan sensasi menangkap Pikachu atau Meowth menggunakan Pokeball. Rasanya seperti bernostalgia dengan kartun masa kecil. Akan tetapi, perlu diingat bahwa Pokemon GO ini hanya permainan. Pokemon sendiri hanya karakter fiktif. Permainan ini hanya sekedar hiburan yang menyenangkan. Jangan sampai permainan ini mengambil banyak sekali waktumu atau bahkan membuatmu lupa bersosialisasi.

Selain dapat membuatmu terhibur, bermain game memang terbukti dapat meningkatkan kecerdasan otak. Akan tetapi, kamu perlu ingat untuk tidak berlebihan dalam bermain game. Kamu memiliki tugas yang harus kamu kerjakan. Jangan sampai bermain game mengambil porsi lebih besar daripada bersosialisasi dengan lingkungan sekitarmu. Semoga tips di atas membantumu untuk bermain Pokemon GO dengan aman dan nyaman. Selamat menangkap Pokemon!.[warkopanime/FAJAR/robi]

 

source: WarkopAnime

Click to comment
To Top