Waspadai Manisnya Dunia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Samudera Ilmu

Waspadai Manisnya Dunia

SEGALA puji hanya kepada Allah Ta’ala. Keindahan dan kenikmatan dunia adalah semu. Kesenangannya menipu. Semakin kita mengejar kepuasan, semakin pula jauh darinya.

Andai saja manusia itu diberi satu lembah emas, dia akan mencari lembah berikutnya. Ia akan terus seperti itu, dan tak ada yang bisa menghentikannya, kecuali lambungnya telah dipenuhi dengan tanah. Begitulah kira-kira yang pernah disampaikan Rasulullah.

Ketahuilah, Allah swt berfirman:

“Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.” (QS Al Hadid, 57: 20).

Kesenangan dunia, adalah kesenangan semu. Kesenangan yang tidak abadi. Bagaikan fatamorgana. Kenikmatan makanan, hanya di lida. Kenikmatan jima, hanya pada saat melakukan. Kenikmatan di mata hanya ketika memandang, begitu juga harta dan kedudukan. Maka merugilah orang-orang yang mengejar kesenangan semu, hingga lalai dari Allah Ta’ala. Mereka terjebak dalam siklus yang semu lagi menipu.

Duhai hamba Allah, sesungguhnya kematian telah bergerak mendekat. Dan semakin mendekat. Maka jangan tunggu ketika roh-mu telah mendesak ke tenggorokan, maka bertautlah betis kiri dan betis kanan, sedangkan kamu selama ini lalai, sekali-kali jangan.

Wahai orang yang silau oleh angan-angan dan harapan-harapan dusta. Yang bergulat dengan kejahatan dan tidak tahu dengan siapa ia berperang. Ia berjuang memenuhi syahwatnya yang menggoda nan menipu.

Wahai orang yang jasadnya hadir, sedang hatinya tertinggal, maukah kamu kehilangan kebaikan? Wahai orang yang umurnya habis dalam kepahitan dan berlalu tanpa makna.

Wahai orang yang telah beruban namun belum bertaubat, ini adalah sesuatu yang menggelikan. Sungguh mengherankan, bagaimana mungkin yang dituntut tertidur sedangkan Si Penuntut tiada tertidur? Mari kembali kepada Yang Maha Penyayang.

Click to comment
To Top