Demam Pokemon Go, Orang Tua Diminta Awasi Anak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Demam Pokemon Go, Orang Tua Diminta Awasi Anak

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta orang tua turut mendampingi anak yang bermain game Pokemon Go yang sedang gandrung di tengah masyarakat sekarang ini.

“Prinsipnya, game online dan offline yang baik itu bersifat rekreasi dan pendidikan. Game apa saja, penggunaan harus ada kontrol. Jangan jenis permainan itu melenakan, membahayakan untuk kelompok rentan, termasuk anak,” kata Ketua KPAI Asrorun Niam Sholeh Niam di Jakarta, Jumat (15/7).

Menurutnya, rekreasi dan edukasi tidak bisa dipisahkan dari yang disebut permainan, baik modern maupun tradisional. Hanya saja, jika dibiarkan tanpa pengawasan, anak akan rentan menghabiskan waktu hanya untuk permainan. Kecanduan memainkan game juga bisa berdampak bahaya.

“Penggunaan harus ada kontrol, jangan melupakan waktu sampai adiksi. Terlebih bilamana ada muatan game yang berbahaya dan berisi hal terlarang. Di sinilah peran orang tua sangat diperlukan untuk menangkalnya,” jelas Niam.

Diketahui, belakangan ini, permainan Pokemon Go menjadi viral dan semakin banyak diunduh pengguna ponsel pintar di banyak negara, termasuk anak-anak Indonesia. Beberapa kasus, pengguna Pokemon Go membahayakan karena terlena dengan permainan hingga mengalami kecelakaan fatal, bahkan kematian.

Permainan yang dikembangkan Nintendo dan Niantic itu dimainkan lewat ponsel cerdas dengan dukungan navigasi GPS. Pemainnya harus berkeliling ke sejumlah tempat untuk mendapatkan hewan digital imajinatif yang terdapat di beberapa sudut wilayah. [wah]

To Top