Di RSHB Ada 60 Anak Terpapar Vaksin Palsu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Di RSHB Ada 60 Anak Terpapar Vaksin Palsu

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Badan Reserse Kriminal Mabes Polri terus menelusuri korban-korban terpapar vaksin palsu. Data terbaru, Bareskrim menemukan 60 anak telah menerima vaksin palsu di Rumah Sakit Harapan Bunda, Jakarta Timur.

“RSHB (Rumah Sakit Harapan Bunda) banyak masyarakat, orang tua, tanyakan perkembangannya. Kita temukan 60 anak terpapar,” kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Brigjen Pol Agung Setya dalam diskusi di Warung Daun, Cikini, Sabtu (16/7).

Menurut dia, anak yang terpapar masih dalam penanganan. Akan ada treatment yang diberikan dari pihak yang berwenang dan Bareskrim terus mengkordinasikannya.

Agung mengatakan, pendataan vaksinasi di RSHB cukup baik. Penyidik menemukan siapa saja yang menerima vaksin dengan akurasi yang tepat.

Namun, dia menjelaskan bahwa data tersebut masih terus diperiksa. Sebab, kata dia, bisa jadi masih ada korban lain yang terpapar vaksin palsu.

“Seperti kemarin kita temukan di Ciracas, Awalnya kita temukan hanya 48 ternyata ada 197 yang terpapar,” pungkas Agung.

Vaksin palsu memang sedang menjadi perbincangan. Penyidik Bareskrim Polripun telah menjerat 23 orang tersangka. Mereka terdiri atas enam produsen alias pembuat vaksin palsu, sembilan distributor, dua pengumpul botol bekas, satu pencetak label atau kemasan, dua bidan, dan tiga dokter.

Sementara, Menteri Kesehatan telah membeberkan 14 rumah sakit serta delapan bidan dan klinik pelanggan vaksin palsu. Seluruh fasilitas kesehatan ini mendapat vaksin palsu dari CV Azka Medika. (put/jpg)

To Top