Kemenag: Pernikahan Suwarti Cacat, Rusak dan Tidak Sah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Kemenag: Pernikahan Suwarti Cacat, Rusak dan Tidak Sah

FAJAR.CO.ID, BOYOLALI – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Boyolali, Jawa Tengah bergerak cepat merespons dugaan pernikahan sesama wanita. Untuk menuntaskan kasus ini, pihak Kemenag Boyolali akan berkoordinasi dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Karanggede guna mendalami kasus pernikahan Suwarti dan Heniyati terbongkar.

Kepala Seksi Bimas Islami Kantor Kemenag Boyolali, M Mualim mengatakan pihaknya juga akan menggandeng Pengadilan Agama (PA) Boyolali guna membatalkan akta pencatatan pernikahan atas nama M Efendi Saputra dan Heniyati.

“Pernikahan mereka cacat dan rusak, tidak sah. Harus ada pembatalan lewat Pengadilan Agama. Tidak ada perceraian, tapi pembatalan pernikahan,” ujar Mualim seperti yang dilansir Radar Solo (Jawa Pos Group), Sabtu (16/7).

Seperti diketahui, kasus pernikahan sesama jenis ini juga tengah ditangani Polres Boyolali.

Setelah menetapkan Suwarti yang memalsukan identitasnya di KTP bernama M Efendi Saputra menjadi tersangka, penyidik juga tengah melakukan penelusuran perilaku Suwarti ke orang-orang dekatnya.

Kasat Reskrim Polres Boyolali, AKP M Kariri Suwarti diancam pasal penipuan serta pemalsuan surat, yakni Pasal 378 atau 263 ayat 1, 2 dan atau 264 ayat 2 dan atau 266 ayat 1,2 dan atau pasal 279 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

Kasus ini terbongkar setelah keluarga Heniyati, perempuan yang dinikahinya di Kantor Urusan Agama (KUA) Karanggede, Boyolali pada Oktober 2015 melapor pada Rabu (13/7). (wid/wa/jpg)

loading...
Click to comment
To Top