Kemenkes Suntik Ulang Bayi Korban Vaksin Palsu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Kemenkes Suntik Ulang Bayi Korban Vaksin Palsu

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tim satgas Kementerian Kesehatan (Kemenkes) hari ini mendatangi RS Harapan Bunda, Jakarta Timur. Itu menyusul diumumkannya nama rumah sakit tersebut sebagai salah satu dari 14 rumah sakit pengguna vaksin palsu.

Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes, Maura Linda Sitanggang mengatakan, tim satgas telah mengantongi data sebanyak 60 anak terpapar vaksin palsu di RS HB (Harapan Bunda).

Menurut dia, kedatangan ‎tim satgas Kemenkes untuk meninjau dan melakukan tanya jawab kepada orang tua korban terpapar vaksin palsu.

“Kita siap melakukan itu. Mungkin pada hari ini kita bisa lakukan itu (tim satgas untuk jawab pertanyaan korban). Kita punya agenda,” kata Maura dalam sebuah diskusi di Cikini, Jakarta, Sabtu (16/7).

Maura mengatakan, selain melakukan tanya jawab dengan para orang tua, pihaknya juga akan mengecek kondisi anak yang terpapar vaksin palsu itu membutuhkan imunisasi ulang.

“Pemerintah akan jamin anak-anak ini divaksin dengan benar. Data-data rumah sakit kalau sudah dikumpulkan akan ditindaklanjuti satu persatu,” tuturnya.

Maura menambahkan, sebelumnya satgas juga telah mendatangi klinik di bilangan Ciracas yang juga diumumkan sebagai pengguna vaksin palsu. Berdasarkan data yang dimiliki, sebanyak 197 anak di klinik tersebut terpapar vaksin palsu.

“Yang kita lakukan di klinik Ciracas 197 anak dan dimulai pemeriksaan dan imunisasi ulang untuk yang memerlukan,” pungkas Maura.

Berdasarkan paparan Bareskrim Polri dan Kementerian Kesehatan di Komisi IX DPR kemarin, ada 14 rumah sakit, 8 klinik, dan tenaga kesehatan yang menggunakan vaksin palsu.

Sebagian besar beroperasi di sekitar Bekasi, Jawa Barat. Rinciannya, sepuluh rumah sakit di Kabupaten Bekasi dan tiga di Kota Bekasi. (put/JPG)

Adapun daftar 14 rumah sakit tersebut adalah sebagai berikut:

  1. RS DR Sander, Cikarang
  2. Bhakti Husada, Terminal Cikarang
  3. Sentral Medika, Jalan Industri Pasir Gombong
  4. RSIA Puspa Husada
  5. Karya Medika, Tambun
  6. Kartika Husada, Jalan MT Haryono Setu Bekasi
  7. Sayang Bunda, Pondok Ungu Bekasi
  8. Multazam, Bekasi
  9. Permata, Bekasi
  10. RSIA Gizar, Villa Mutiara Cikarang
  11. Harapan Bunda Kramat Jati, Jakarta Timur
  12. Elisabeth, Narogong Bekasi
  13. Hosana, Lippo Cikarang
  14. Hosana, Jalan Pramuka, Bekasi
loading...
Click to comment
To Top