Jadi Begitu Toh..! Awal Ceritanya PokeStop Identik dengan Rumah Ibadah di Pokemon Go – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Interest

Jadi Begitu Toh..! Awal Ceritanya PokeStop Identik dengan Rumah Ibadah di Pokemon Go

pokestop rumah ibadah di indonesia
Sumber: Google Image

Para Gemers Pokemon Go, mungkin masih bertanya-tanya, mengapa kebanyakan PokeStop dan Gym di dalam game Pokemon Go terdapat tempat ibadah seperti masjid, gereja, vihara dan lain-lain.

Nah! Untuk diketahui, Sebenarnya game Pokemon Go bukan satu-satunya game yang dikembangkan oleh Niantic saja.

Namun ada satu permainan sebelumnya yang telah dikeluarkan Niantic sekitar 4 tahun lalu, game tersebut bernama Ingress. Game ini  merupakan permainan yang berjenis Augmented Reality seperti halnya Pokemon Go sekarang, tetapi bedanya adalah Pokemon mengajak para pemain untuk berjalan-jalan  menangkap monster sedangkan Ingress mengajak berjalan untuk mendekati sebuah portal (jika di Pokemon Go seperi PokeStop) untuk Hacking, Linking dan Fielding.

 

pokestop di kota pontianak Vihara

Sumber: Google Image

 

pokestop di kota pontianak Gereja

Sumber: Google Image

Pada tahun pertama game Ingress dirilis Niantic memberi kesempatan kepada para pemainnya untuk mensubmit portal-portal baru dengan cara memfoto sebuah “Unique Item”.

Oleh karena itulah kebanyakan agent (sebutan untuk player yang memainkan game ini) mensubmit portal dengan cara memfoto tempat ibadah karena bagi Niantic tempat ibadah memiliki keunikan tersendiri dari segi bangunan seperti masjid yang memiliki kubah, gereja memiliki banyak patung dan tanda salib di dalam gedungnya serta vihara dan tempat ibadah lain-lainnya.

PokeStop di kota Pontianak-Mesjid

Sumber: Google Image

Sebenarnya tidak cuma tempat ibadah saja yang menjadi kriteria khusus bagi Niantic untuk dijadikan sebuah portal baru di dalam game Ingress ini, salah satu contoh lainnya seperti Statue yang ada di mall atau di sebuah gedung, air mancur, lampu jalanan, landmark dan tanda-tanda unik lainnya.

Bagi para pemain game Ingress yang telah sukses mensubmit portal nantinya akan diberikan sebuah Achievement medal yang tertera di profile karakter mereka yang bernama medal “SEER.”

Jadi pada dasarnya game Ingress ataupun Pokemon Go mengunakan API dari google maps sehingga landmark atau point of interest yang sering munculkan kalau tidak gedung tinggi, tugu, patung, taman atau tempat ibadah.

Maka dari sekian banyak jenis landmark yang paling banyak di Indonesia itu sendiri adalah tempat ibadah karena itulah banyak yang dijadikan tempat point of interest juga di Pokemon Go sekarang ini.[warkopanime/FAJAR/robi]

loading...
Click to comment
To Top