Kudeta Turki, Erdogan Pecat 5 Jenderal dan 25 Kolonel – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Kudeta Turki, Erdogan Pecat 5 Jenderal dan 25 Kolonel

FAJAR.CO.ID, TURKI – Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan langsung memecat 5 jenderal dan 25 kolonel yang diduga terlibat dalam kudeta, Jumat malam (15/7/2016).

Markas militer Turki saat ini telah dikuasai pasukan pro pemerintah. Meski demikian seorang pejabat senior menyatakan bahwa kelompok kecil tentara pemberontak masih ada.

Dikatakannya, para tentara pemberontak masih mengontrol beberapa helikopter militer, tapi bukan jet perang.

Dalam perkembangan terkini, disebutkan pula bahwa serangan di gedung parlemen dan istana presiden sebagian besar telah digagalkan.

Sementara itu, Pemerintah Indonesia meminta warga negara Indonesia yang sedang berada di Turki untuk tetap tenang dan sementara waktu tidak keluar rumah.

WNI juga diminta terus mencermati perkembangan dan situasi keamanan  dan berkomunikasi dengan KBRI Ankara dan KJRI Istanbul.

Saat ini, WNI di Turki berjumlah sekitar 2.700 orang, di antaranya 800 orang di Instanbul dan 400 di Ankara.

Pemerintah juga meminta WNI yang akan bepergian ke Turki, khususnya Ankara dan Istanbul dalam waktu dekat untuk terlebih dahulu memantau keadaan keamanan sebelum keberangkatan.

Pemerintah berharap situasi di sana segera pulih dan menekankan pentingnya penghormatan terhadap konstitusi dan prinsip demokrasi. (wid/rmol)

Click to comment
To Top