Bonek ke Jakarta, The Jakmania Welcome – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Bola

Bonek ke Jakarta, The Jakmania Welcome

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Rencana Bonek -suporter Persebaya Surabaya- tret tet tet ke Jakarta 1-4 Agustus nanti sudah bulat. Bahkan, mereka sudah menjalin komunikasi yang intens dengan The Jakmania, suporter Persija Jakarta. Jakmania pun mempersilakan Bonek untuk merapat ke Jakarta, mendekat ke arena Konggres Luar Biasa (KLB) PSSI.

’’Mereka (Bonek, Red) sudah kulonuwun ke kami beberapa hari yang lalu. Bila benar jadi, The Jakmania tidak akan menghalangi. Sebab, tujuan mereka adalah federasi,’’ ujar Ketua Umum The Jakmania Richard Achmad Supriyanto.

Richard mengimbau agar Bonek segera berkoordinasi dengan pihak kepolisian, khususnya Polda Metro Jaya. Sebab, pihak kepolisian-lah yang nantinya berhubungan langsung dengan Bonek selama di Jakarta.

’’Kepolisian memiliki peran krusial untuk aksi mereka nanti. Istilahnya, mereka yang punya tempat. Jadi, izin resmi tertulis dari Bonek sangat penting di sini,’’ ungkap pria 35 tahun tersebut.

Hal itu langsung ditindaklanjuti oleh Bonek. Juru bicara Arek Bonek 1927 Andie ’’Peci’’ Kristiantono menyatakan segera melakukan syarat-syarat yang dibutuhkan agar aksi untuk memperjuangkan nasib Persebaya pada 2 dan 3 Agustus lancar.

’’Kami memang sudah berniat (mengirim izin tertulis, Red) ke Mabes Polri dan Polda Metro Jaya,’’ tutur Andie. ’’Bonek juga akan menyurati The Jakmania terkait dengan aksi tersebut. Kami ingin semuanya berjalan aman dan tertib. Sebab, tujuan yang kami usung adalah aksi damai demi kembalinya Persebaya berkompetisi,’’ sambungnya.

Anggota Executive Committee (Exco) PSSI Tony Apriliani mengatakan PSSI akan menerima aspirasi bonek bila akhirnya benar-benar melakukan aksi di Jakarta. Kebetulan, aksi yang direncanakan oleh pendukung Persebaya itu bersamaan dengan PSSI menggelar Kongres Luar Biasa (KLB).

“Kali ini kami akan mendengarkan aspirasi mereka. Karena tim yang mereka dukung sudah diakui oleh pengadilan,” kata Tony.

Dia mengungkapkan bahwa PSSI juga sudah melaporkan perkembangan kasus hukum Persebaya itu ke FIFA (Federasi Sepak Bola Internasional) dan AFC (Asian Football Confederation).

Bonek berencana datang ke ibu kota untuk memperjuangkan agar Persebaya bisa kembali berkompetisi. Persebaya yang baru saja memenangi sengketa hukum di pengadilan menuntut PSSI mengembalikan mereka. Aksi Bonek itu dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada 3 Agustus. (ben/io)

To Top