Di Sinilah Letak Singgasana Iblis – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Samudera Ilmu

Di Sinilah Letak Singgasana Iblis

Ilustrasi lautan.

sumber foto: google image

SEGALA puji hanya kepada Allah. Ternyata, singgasana Iblis itu berada di tengah lautan. Di sanalah kerajaannya dibangun. Bala tentaranya diutus. Dan silih berganti datang melaporkan hasil kerjanya.

Demikian disampaikan Rasulullah saw dalam hadits-hadits sahih yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Berikut haditsnya, dari Jabir ra, bahwa Rasulullah saw bersabda:

“Sungguh, singgasana Iblis berada di atas lautan, lalu dia mengutus tentaranya untuk menggoda manusia, tentara paling tinggi kedudukannya di sisi Iblis adalah yang paling besar fitnah (kerusakan) yang ditimbulkannya.” (HR Muslim, No. 7105).

Dalam hadits lainnya masih dari Jabir ra, bahwa Rasulullah saw bersabda: “Sungguh, Iblis meletakkan singgasananya di atas air, kemudian dia mengutus tentaranya. Tentara yang paling tinggi kedudukannya di sisi Iblis adalah yang paling besar fitnah (kerusakan) yang ditimbulkannya. Ada seorang tentaranya yang datang dan berkata, ‘Aku sudah berbuat begini dan begitu.’ Iblis lantas berkata, ‘Engkau belum berbuat apa-apa.’ Kemudian tentaranya yang lain datang dan berkata, ‘Aku tidak meninggalkannya sampai aku bisa memisahkan antara dia dan istrinya.’ Iblis lalu mendekatkan tentaranya itu kepadanya dan mengatakan, ‘Engkau adalah sebaik-baik tentaraku.’” (HR Muslim, No. 7106).

Iblis memujinya dengan mengatakan bahwa dia adalah sebaik-baik setan. Setan terbaik adalah yang mampu menggoda manusia hingga terjerambab dalam dosa-dosa besar.

Entah di tengah lautan yang mana singgasana Iblis itu berada, yang jelasnya bahwa Rasulullah saw telah mengabarkan kepada manusia, bahwa singgasana Iblis itu di atas lautan. Dan ini adalah berita yang benar. (*)

loading...
Click to comment
To Top