Gaji 13 Ditahan, 163 PNS Gigit Jari – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Gaji 13 Ditahan, 163 PNS Gigit Jari

FAJAR.CO.ID, MAROS, — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros, Sulsel, menunda pembayaran Gaji 13 terhadap 163 Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemkab Maros yang dinyatakan tidak hadir pada hari pertama kerja, pasca libur lebaran.

Bupati Maros, HM Hatta Rahman mengatakan, penundaan Gaji 13 ini sebagai bentuk efek jera terhadap PNS yang menambah libur pasca cuti lebaran lalu.

“Jangan sampai PNS berfikir ini hanya ancaman sehingga seenaknya tambah libur, apalagi dari Menpan ada surat edaran untuk kepala daerah agar memantau kehadiran pegawainya,” ujar Hatta.

163 PNS yang tertunda pemabayaran Gaji 13 nya itu, dinyatakan tidak hadir hari pertama kerja dan tanpa keterangan. Daftar 163 orang ini berasal dari seluruh SKPD yang telah masuk daftar rekapnya ke Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat (BKDD) Maros. Sedangkan yang tidak hadir, karena alasan sakit, cuti bersalin, izin dan dinas luar sebanyak 64 orang.

“163 ini yang masuk ke kami, tapi masih ada beberapa SKPD yang belum memasukkan rekapnya seperti Camba dan Cenrana, kemudian Dinas Pendidikan yang membawahi UPT Kecamatan dan Dinas Kesehatan yang membawahi Dinas Kesehatan.

Yang belum masuk rekapnya maka SKPD tersebut juga dipending pembayarannya sampai masuk rekap absensinya,” ujar Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Maros, Takdir saat ditemui di ruangannya, Jumat (15/7) lalu.

Sedangkan untuk SKPD yang seluruh PNS-nya hadir, kata dia, ada dua, yakni PNS di Kecamatan Simbang 30 orang dan Badan Kesbangpol 25 orang. Takdir menambahkan, belum ada kepastian kapan Gaji 13 mereka akan dibayarkan.

“Saya tidak tahu sampai kapan, mungkin juga mereka akan dikumpulkan untuk membuat pernyataan atau mungkin akan dievaluasi kedisiplinan kehadirannya,” pungkasnya. (ari/rilBKM/fajar)

Click to comment
To Top