Ingin Bebaskan WNI Sandera Abu Sayyaf, Ini Saran Tubagus Hasanuddin untuk Pemerintah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Ingin Bebaskan WNI Sandera Abu Sayyaf, Ini Saran Tubagus Hasanuddin untuk Pemerintah

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah perlu lebih berhati-hati dalam melakukan upaya pembebasan terhadap warga negara Indonesia (WNI) yang ditawan kelompok militan Filipina, Abu Sayyaf.

Menurut Wakil Ketua Komisi I DPR Tubagus Hasanuddin mengatakan, sejatinya secara kualitas maupun kuantitas, militer Indonesia siap untuk membebaskan para sandera. Namun, tidak serta merta dilakukan tanpa perhitungan matang karena ini menyangkut nyawa manusia. Untuk itu upaya pembebasan memerlukan kehati-hatian.

‎”Masalahnya harus punya data intelijen yang kuat, tidak boleh tergesa-gesa, nanti malah masuk ke situ kemudian ada yang jadi korban. Pengerahan pasukan dengan cara apapun harus hati-hati,” ujarnya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/7).

Kang TB-sapaannya-yakin, prajurit TNI yang ahli dalam pembebasan sandera sedang berupaya mencari cara jitu. Karena itu, ia meminta agar semua pihak bersabar dan membiarkan pemerintah khususnya, TNI maupun intelijen bekerja.

“Sabar aja dulu, yang penting kami berharap mereka sehat dan selamat,” sambungnya.

Legislator asal Jawa Barat itu juga percaya bahwa pemerintah tidak akan lagi menggunakan uang tebusan untuk membebaskan WNI. Sebab, akan menjadi efek buruk lantaran kelompok Abu Sayyaf ketagihan untuk menyandera WNI.

Dia mengatakanada cara lain dalam pembebasan WNI, misalnya dengan melakukan pendekatan kepada komandan kelompok Abu Sayyaf.‎

“Salah satu caranya pendekatan kepada komandan-komandannya. Kan ada grip (pegangan) yang bisa digunakan. Pertama sama-sama orang muslim, kemudian penyandera juga muslim, itu bisa jd grip untuk membebaskan. Sama-sama bangsa ASEAN,” pungkas politikus PDIP itu. (dna/JPG)‎

To Top