Kudeta Turki, Erdogan dan Gulen Saling Lempar Tudingan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Internasional

Kudeta Turki, Erdogan dan Gulen Saling Lempar Tudingan

Gulen-Erdogan.1

FAJAR.CO.ID, JAKARTA –  Fethullah Gulen,  dituding sebagai dalang aksi Kudeta Turki yang gagal pada jumat (15/7) lalu. Tudingan itu disampaikan langsung oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Diketahui, Gulen merupakan mantan rekan Erdogan dan kini menjadi lawan politiknya. Gulen dituding bekerja sama dengan petinggi militer untuk menjatuhkan Erdogan dari tampuk kepimimpinannya. 

Namun Fethullah Gulen membantah tudingan kudeta tersebut. Menurutnya upaya kudeta adalah suatu yang paling ditentangnya sejak ia menjadi tahanan dalam sejumlah kudeta militer di Turki.

“Saya menghadapi berbagai bentuk pelecehan. Ketika Turki sudah menuju demokrasi, hal itu [kudeta] tak bisa terulang kembali,” ujarnya kepada The Guardian.

Bahkan Gulen menuding balik Erdogan justru berada di balik upaya kudeta terhadap pemerintahannya sendiri. Kok bisa?

Gulen menduga Erdogan melakukan rekayasa upaya kudeta untuk melegalkan upayanya membersihkan orang-orang militer yang diduga anti terhadap dirinya namun tidak mampu dibuktikan.

“Ada kemungkinan kecil, bahwa bisa saja hal itu (kudeta) direkayasa. Ini bisa dilakukan untuk melayangkan sejumlah tuduhan pengadilan dan keterlibatan,” ujar Gulen kepada para wartawan melalui seorang penerjemah di tempat tinggalnya di Saylorsburg, Pennsylvania, AS, Sabtu (16/7/2016).

Namun Gulen sendiri mengakui jika kudeta Turki berhasil ia akan kembali ke Turki dari tempat pengasingannya di Amerika Serikat.

“Saya sangat merindukan kampung halaman saya. Namun ada faktor yang lebih penting, yakni kebebasan. Saya di sini, jauh dari persoalan politik Turki dan hidup dengan bebas.” ujarnya.

Gulen kini tengah menghadapi ancaman ekstradisi dari pemerintahan AS jika pemerintah Turki mengajukan permintaan hal tersebut. Namun diungkapkannya ia tidak terlalu khawatir dengan upaya tersebut. (sta/pjk1/Fajar)

loading...
Click to comment
To Top