Prediksi Pilkada di Tiga Daerah Ini Bakalan Seru – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Pilkada

Prediksi Pilkada di Tiga Daerah Ini Bakalan Seru

091929_876384_050144_207167_pilkada_besar1

FAJAR.CO.ID, BANDARLAMPUNG – Calon kuat pemenang Pilkada 2017 di Provinsi Lampung masih sulit ditebak. Sejauh ini, siapa pun mereka masih memiliki peluang sama besar untuk memenangkan pesta demokrasi tersebut.

Pengamat politik Universitas Lampung Robi Cahyadi mengatakan, mencermati peta politik terakhir, setidaknya tiga pilkada diprediksi berlangsung seru. Yakni Pilkada Pringsewu, Tulangbawang, dan Tulangbawang Barat. 

Untuk Pilkada Pringsewu, sambung dia, bakal paling seru. Calon petahana masih memiliki kans besar untuk kembali melanjutkan kepemimpinanya. Meski banyak nama lain yang juga berpeluang untuk menjungkalkan Sujadi.

Robi memperkirakan, sedikitnya ada tiga sumbu kuat di Pilkada Pringsewu mendatang. Selain Sujadi, mereka adalah sumbu Sekretaris DPD I Partai Golkar Lampung Ririn Kuswantari, lalu ketua DPC PDI Perjuangan Lampung Utara Ardian Saputra. 

Teranyar, belakangan muncul nama Ahmat Fitoni yang notabene adik kandung ketua MPR RI Zulkifli Hasan ikut maju di Pringsewu. Munculnya, Fitoni ini tak bisa diremehkan. Bisa jadi bakal menambah poros baru di Pringsewu.

’’Tidak hanya balonbup, nama-nama bakal calon wakil pun sunguh banyak bermunculan di Pringsewu. Itu jelas makin membuat pertarungan di Pringsewu bakal paling seru,” ujarnya kepada Radar Lampung (Fajar Group).

Di Pilkada Tuba, sambung dia, juga bakal menarik. Meski petahana yang tidak terpecah menyatakan tetap akan maju. Pasangan ini belum juga mengantongi kepastian sejumlah parpol yang menguatkan mereka. 

’’Pada pilkada Tuba siapa calon yang bakal diusung PDIP sebagai partai kuat di sana belum juga ada rekomendasi resmi. Begitu juga dengan PAN. Artinya, masih ada peluang lebar untuk berbagai nama, baik itu Hanan A. Rozak atau pun Winarti,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, nama kuat lainya yang siap memecah dominasi suara Hanan atau Winarti adalah putra eks bupati Tuba Abdurrachman Sarbini alias Mance, Frans Agung Mula Putra. 

’’Mance telah berulang kali bilang bila anaknya, yakni Frans Agung serius maju Pilkada 2017 Tuba. Nah, bila benar maka pesta demokrasi di Tuba nanti pun nggak kalah seru dibanding Pringsewu,” ujar dia.

Sementara untuk Tuba Barat, sambung dia, juga bakal seru lantaran masih dominannya incumbent Umar Ahmad. Diprediksi Umar akan memborong rekomendasi sejumlah parpol. 

’’Kita hanya takut nantinya hanya ada calon tungal di Tubaba. Semoga saja itu tidak terjadi, karena itu akan memperumit jalannya Pilkada,” pungkasnya. (sur/c1/gus/ray/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top