Ternyata Tantowi Yahya Juga Ikut Main Pokemon GO – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Ternyata Tantowi Yahya Juga Ikut Main Pokemon GO

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Aplikasi game pokemon GO tengah booming di kalangan masyarakat. Aplikasi itu tidak hanya diminati anak muda saja, anggota Komisi I DPR Tantowi Yahya pun ikut mengunduh aplikasi game yang menggunakan Global Positioning System (GPS) itu.

‎”Ya saya unduh. Kalau gak diunduh, mana saya tahu itu bisa main dimana-mana,” ujarnya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/7).

Politikus Partai Golkar itu beralasan, mengunduh Pokemon GO bukan semata-mata hanya untuk bermain, namun untuk bahan pengawasan dia sebagai anggota parlemen yang membidangi telekomunikasi dan informatika. “Ingin tahu aja,” sebutnya. ‎

Menurutnya, keberadaan Pokemon GO memang tidak bisa dinafikkan. Warga negara berhak untuk menikmati keberadaan game tersebut.

Akan tetapi, pemerintah tetap harus memperhatikan ketika game itu menganggu keamanan informasi negara.

Aplikasi game yang dirilis oleh Niantic Labs dan The Pokemon Company itu memiliki keunikan, yakni para pemainnya diharuskan bergerak atau berjalan dengan bantuan GPS.

Teknologi augmented reality (AR) yang membuat pemain bisa melihat sosok Pokemon tersebar di sejumlah tempat, muncul di layar dan tampak berada di dunia nyata.

Bahkan pokemon banyak berada di tempat-tempat vital. Seperti istana negara, DPR, hingga kantor kepolisian. Tentu, ini menimbulkan kecurigaan Tantowi. ‎

Disinyalir si pembuat pokemon GO mempunyai maksud untuk mengumpulkan informasi dari objek vital negara. ‎

‎‎”Kita harus buat tegas, kritis, apakah peralatan ini dibuat penciptanya untuk maksud tertentu. Apa ada kekuatan yang menungganginya dalam rangka mencari informasi,” sebutnya.

Oleh sebab itu, aplikasi game pokemon GO akan menjadi salah satu pembahasan dalam rapat kerja komisi I DPR bersama Menteri Komunikasi Informatika Rudiantara.

“Salah satu isu terkini yang dibahas itu pokemon. Kita ada rencana undang Menkominfo sebelum reses,” pungkas politikus Golkar itu. (dna/JPG)‎

Click to comment
To Top