Dari 84 Laporan Gratifikasi Lebaran, Paling Tinggi Nilainya dari Kementerian ESDM dan DPR – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Dari 84 Laporan Gratifikasi Lebaran, Paling Tinggi Nilainya dari Kementerian ESDM dan DPR

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencatat hingga kini telah menerima 84 laporan gratifikasi lebaran. 

Tak tanggung-tanggung, laporan dalam bentuk uang tunai dan parsel lebaran itu nilainya mencapai Rp 679 juta.

“Sampai hari ini kita menerima laporan gratifikasi terkait lebaran sebanyak 84 laporan dengan nilai total Rp 679.458.000,” kata Direktur Gratifikasi KPK Giri Suprapdiono, Selasa (19/7). 

Giri menyebutkan, hingga Senin (18/7) malam, gratifikasi lebaran yang dilaporkan ke KPK didominasi dalam bentuk uang tunai dengan persentase mencapai 85 persen.

Menurut Giri, jumlah laporan didominasi dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, anggota DPR dan DPRD, beberapa BUMN dan BUMD, Pemprov Jawa Tengah dan DKI Jakarta. 

Serta, beberapa kota di Jawa Barat dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). “Dari sisi nilai gratifikasi, laporan gratifikasi dari Kemeterian ESDM dan DPR yang paling tinggi,” jelas Giri. 

Dia menambahkan, gratifikasi tersebut‎ segera ditetapkan status kepemilikannya. 

Apabila menjadi milik negara, maka barang akan dilelang secara terbuka. Kalau dalam bentuk uang langsung ditransfer ke kas negara. “Jadwal (lelang) akan diumumkan Kementerian Keuangan,” pungkasnya.

Sebelumnya, KPK mengeluarkan surat edaran larangan menerima gratifikasi bagi pegawai negeri sipil, termasuk dalam bentuk parsel lebaran. Larangan itu sesuai aturan dalam Pasal 12 B UU Tipikor tentang penerimaan gratifikasi. (put/jpg)

To Top