Harus Dipastikan, Yang Tewas Santoso atau Bukan? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Harus Dipastikan, Yang Tewas Santoso atau Bukan?

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin tak mau berspekulasi terkait kabar tewasnya buronan kasus terorisme, Santoso. Gembong teroris itu diduga tewas saat bakutembak dengan Satgas Tinombala di Poso, Senin (18/7).

“Menurut hemat saya diidentifikisasi saja DNA-nya, tanda-tandanya, dan saya dengar mau dibawa keluarganya untuk melihat fisiknya yang tertembak. Untuk meyakinkan betul apa tidak itu Santoso. Ditunggu hasil identifikasi,” kata Kang TB di gedung DPR Jakarta, Selasa (19/7).

Saat ditanya mengenai informasi yang dia terima, mantan Sekretaris Militer era Presiden Megawati Soekarnoputri itu tidak tetap menunggu hasil identifikasi pihak berwajib. Apalagi, lanjut politikus PDIP itu, intelijen saja juga tidak bisa memastikan apakah yang tewas itu Santoso atau bukan.

“Intelijen juga tidak bisa melihat bahwa itu adalah Santoso atau siapa, tapi ada kemiripan dari tanda-tanda mukanya. Tapi kan perlu diidentifikasi,” jelasnya.

Proses identifikasi menurutnya juga tidak semudah yang dibayangkan masyarakat. Kecuali keluarga didatangkan mengecek postur dan ciri fisik serta mencocokkan DNA-nya.

“Jadi menurut hemat saya, nggak usah tanya intelijen, tidak usah tanya ini, kita serahkan saja ke bagian identifikasi dan tunggu siapa orang itu,” pungkas purnawirawan TNI itu. (fat/jpnn)

To Top