Kapolri: 95 Persen Itu adalah Santoso – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Kapolri: 95 Persen Itu adalah Santoso

FAJAR.CO.ID, JAKARTA—Sejumlah kalangan masih belum percaya bahwa kelompok MIT yang dilumpuhkan Satgas Tinombala di Poso, Senin (18/7) adalah Santoso. Namun, Kapolri Jenderal Tito Karnavian memastikan secara ciri-ciri jenazah yang tertembak sangat mirip dengan pentolan Mujahidin Islam Timur itu.

“Hasil dari pengenalan tanda-tanda fisik dan beberapa saksi lain sudah mendekati 95 persen dia, Santoso,” ujar Tito di kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa (19/7).

Selain itu, menurut Tito, pengenalan jenazah juga dilakukan sejumlah anggota polisi yang pernah menangkap Santoso. Salah satu tanda fisiknya adalah tahi lalat.

Meski begitu, Tito mengakui, saat ini belum dilakukan tes DNA terhadap jenazah terduga teroris itu. Menurutnya, tes DNA dilakukan jika jenazah dalam keadaan hancur.

Sedang, jenazah Santoso dalam keadaan utuh hanya mengalami luka tembakan. Karena itu polisi hanya akan mendatangkan keluarga untuk mengenali jenazahnya.

“Kalau dalam keadaan utuh, kita lihat badannya, mukanya kan kelihatan utuh. Tanda-tanda tubuhnya yang  khas seperi tahi lalat kelihatannya sama. Sehingga kemungkinan besar mendekati 90an persen dia adalah Santoso,” pungkas Tito. (flo/jpnn)

To Top