Kepala Sekolah yang Bandel Laksanakan MOS, Siap-siap Diberhentikan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Kepala Sekolah yang Bandel Laksanakan MOS, Siap-siap Diberhentikan

224138_176738_MOS_besar

FAJAR.CO.ID, BOGOR – Tak main-main, kepala sekolah yang nekat mengzinkan pelaksanaan Masa Orientasi Sekolah (MOS) yang identik dengan tindakan perpoloncoan, akan ditindak tegas.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan telah menerbitkan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 mengenai penghapusan MOS. Permen tersebut kata Anies, harus dilaksanakan oleh setiap sekolah.

Anies mengungkapkan, kemarin pihaknya sempat mendapat laporan mengenai SMA di Tangerang melakukan MOS. Karena itu, Anies telah menugaskan Irjen untuk memantau hari pertama sekolah di sana.

“Semua laporan ditindaklanjuti. Karena itu sekolah tidak jadi melaksanakan aktivitas tersebut,” ucapnya usai memantau hari pertama sekolah di SDN Polisi 1 Kota Bogor, Senin (18/7/2016).

Anies menambahkan, kepala sekolah akan bertanggung jawab langsung terhadap pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah (PLS) yang menjadi pengganti MOS. Jika sampai terbukti tidak mematuhi aturan yang berlaku, kepala sekolah terancam akan dikenai sanksi.

“Sanksi bisa dirotasi ke sekolah lain atau diberhentikan,” sebutnya. Para siswa baru, ujar dia, tidak sepatutnya menjadi subjek permainan para senior.
Sejauh ini, langkah tersebut juga telah didukung dengan pembukaan line telepon untuk pengadua masyarakat, jika menemukan ada sekolah yang menggelar MOS dengan perpoloncoan.

“Kalau ada temuan perpeloncoan di sekolah silakan lapor via SMS ke nomor 0811976929. Lapor ke situ akan segera ditindaklanjuti,” pungkasnya. (rfa/ril/PS)

loading...
Click to comment
To Top