Lecehkan Sholat, Aktifis GAM Bulukumba Harus Minta Maaf – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Lecehkan Sholat, Aktifis GAM Bulukumba Harus Minta Maaf

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA — Sejumlah Mahasiswa yang mengatsnamakan Gerakan Aktivis Mahasiswa (GAM) Bulukumba, mendapat kecaman dari sejumlah pihak. Pasalnya dalam melakukan Aksi demostrasi di Kepolisian Resort Bulukumba pada (18/7) kemarin,  Aktifis GAM menggelar salah satu aksi dengan menirukan gerakan sholat yang dinilainya telah melecehkan agama. 

Aktifis GAM tersebut melakukan salat Azhar di tengah jalan dan mengganggu pengguna jalan lainnya. Bahkan salat yang dilakukan oleh GAM tersebut tidak menghadap ke arah Kiblat, sementara di dalam samping pintu masuk Polres terdapat masjid, Parahnya, ada beberapa diantara terlihat hanya mengenakan celana pendek.

“Hadis nabi menjelaskan kalau ada beberapa tempat yang dilarang untuk sholat, pertama di WC, ditempat sampah, termasuk di jalan, itu dilarang,” ujar Ikhwan Bahar.

Dia menjelaskan sekalipun niatnya sebagai sindiran namun tidak ada alasan pembenaran menjadikan agama islam sebagai simbol dan sarana gerakan. Menurutnya apa yang dilakukan aktifis GAM, dengan menggelar sholat di jalan sangat tidak pantas apalagi akan lebih berbahaya jika disaksikan anak kecil.

“Untuk konteks tujuan dalam mengawal kasus-kasus di Bulukumba, saya sangat setuju dan mendukung, tapi proses yang dilakukan itu sudah menciderai agama,”ujarnya, dilansir Radarselatan

Olehnya, pihaknya berharap Pemerintah, DPRD dan MUI untuk menelusuri dan menindaklanjuti aksi sholat yang dilakukan aktifis GAM.

” Mereka harus meminta maaf. Kalau alasannya mereka tidak tahu soal hukum sholat, saya rasa mahasiswa pasti tau itu. Meski hanya simbol sebagai bentuk kekecewaan kepada penegak hukum, tidak ada pembenaran untuk menjadikan gerakan sholat sebagai sarana aksi,”tutupnya (e/Fajar)

Click to comment
To Top