Marquez Dituduh Curang Pada Seri Jerman – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Marquez Dituduh Curang Pada Seri Jerman

FAJAR.CO.ID, Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dituduh melakukan kecurangan dalam kemenangannya di Sirkuit Sachsenring Sabtu (17/7) lalu. Namun, MotoGP menganggap kemenangan Marquez aman.

Sebelumnya, Marquez dianggap curang dalam pit stop. Dia dianggap melanggar kala mengganti motornya.

Di sana terlihat saat Marquez datang, salah satu krunya memegang tuas kopling motor. Hal ini sebenarnya melanggar karena dalam aturan hanya pembalap yang boleh menekan tuas kopling dan memasukkan gigi motornya.

Akan tetapi, hal itu diluruskan oleh pihak MotoGP. Mereka punya alasan dengan keputusannya itu.

“Tim mereka mengatakan, ‘kami menekan kopling agar saat Marquez lompat ke motor tinggal memasukkan gigi’. Jadi mereka konfirmasi kalau motor RC213V milik Marquez dalam keadaan yang netral,” ujar Race Direction, Mike Webb, dikutip Crash.net.

Pernyataan tim Marquez juga sudah diselidiki oleh Webb. Bahkan, dia sudah bertanya kepada Direktur Teknis, Danny Aldridge soal data-datanya.

“Saya sudah tanyakan Aldridge untuk memeriksa data. Dia konfirmasi bahwa motor memang netral. Jadi mereka tak salah, mereka tahu aturan,” papar dia.

Strategi Marquez dalam balapan di Sirkuit Sachsenring memang patut diacungi jempol. Sempat keluar lintasan, dia kemudian melakukan pergantian motor lebih awal untuk trek kering.

Buktinya, dia mampu menyalip beberapa pembalap yang belum mengganti motornya dan sukses mengunci juara di MotoGP (JPG)

To Top