Sebenarnya China-Indonesia Sama-sama Saling Bergantung, Jadi Jangan Menyalahkan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Sebenarnya China-Indonesia Sama-sama Saling Bergantung, Jadi Jangan Menyalahkan

Ilustrasi Industri

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Anggota Komisi I DPR Agun Gunandjar tidak begitu mempersoalkan isu maraknya tenaga kerja asing asal China yang heboh dalam seminggu terakhir. Dia justru mendorong publik memahami sisi saling ketergantungan antara Indonesia dengan negara-negara lain.

“Semoga saja pikiran kritis hingga penolakan atas tenaga kerja asing China di medsos (media sosial) akhir-akhir ini tidak lepas dari kondisi global yang saling ketergantungan satu sama lain. Ketergantungan yang mempersyaratkan demokrasi, HAM, lingkungan, supremasi hukum bagi setiap negara anggota yang berhimpun dalam wadah-wadah internasional,” ucap Ketua DPP Golkar ini, Senin (18/7).

Dalam seminggu terakhir, publik di dunia maya dan para pengamat memang ramai membicarakan kabar serbuan 10 juta tenaga kerja China ke Indonesia. Banyak komentar-komentar keras dan bernada menyalahkan pemerintah atas kabar masuknya tenaga kerja China ini.

Agun tidak menyalahkan hal itu. Hanya saja, politisi asal Jawa Barat ini hanya meminta ikut melihat kemampuan produksi, kemampuan sumber daya manusia, kapasitas ekspor-impor yang dilakukan Indonesia, dan juga keberadaan TKI di belahan dunia, termasuk di China.

“(Semua itu) harus menjadi pertimbangan yang komprehensif menuju bangsa maju, modern, sejahtera, berdaulat dan bebas korupsi,” ucapnya.[sam/RMOL]

Click to comment
To Top