Seperti Ini Skema Pembebasan Sandera Abu Sayyaf – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Seperti Ini Skema Pembebasan Sandera Abu Sayyaf

abu-sayyaf

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kepastian mengenai teknis opsi bantuan militer dalam upaya pembebasan sandera baru akan ditentukan dalam pertemuan trilateral di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (21/7) mendatang. Namun, berbagai skema sudah disiapkan Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu mengatakan, pihaknya masih belum mengetahui, apakah militer Indonesia nantinya di ikut sertakan dalam operasi di darat atau tidak.

Namun jika diikut sertakan, dia memastikan posisinya hanya sebatas membantu. “Karena ada di wilayah Filipina, maka dia yang pegang komando,” ujarnya usai Halal bi halal di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jakarta Senin (18/7).

Tapi jika tidak, maka opsi yang mungkin akan diambil adalah dengan menyergap dari arah selatan. Sebab, saat ini, lanjutnya, sepuluh ribu pasukan Filipina yang melakukan operasi tengah mendorong mendesak dari arah utara.

“Kan Malaysia sudah siap, kita dari selatan atau bagaimana itu nanti diputuskan,” kata mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) tersebut.

Sementara itu, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo meminta prajuritnya untuk selalu dalam posisi siap jika diminta diperbantukan membebaskan sandera. Dia menilai, penyanderaan yang dilakukan berkali-kali sudah tidak bisa di toleransi.

“Kepada Prajurit TNI, saya perintahkan untuk  selalu siap menghadapi segala kemungkinan, apabila TNI dilibatkan dalam upaya pembebasan sandera,” katanya. (far/JPG)

loading...
Click to comment
To Top