Unik, Begini Tardisi Tangkap Ikan Pakai Api di Taiwan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Unik, Begini Tardisi Tangkap Ikan Pakai Api di Taiwan

fire-fishing-Taiwan6-600x399

FAJAR.CO.ID, –  Tradisi ini sudah berjalan selama ratusan tahun di Taiwan. Di mana para nelayan menggunakan cara yang sangat unik untuk menangkap ikan sardine.

Dalam menangkap kawanan ikan sardine mereka menyalakan api pada sebuah tongkat dan memegangnya pada ujung perahu untuk menarik perhatian ikan. Ketika melihat cahaya, ikan-ikan tersebut sangat tertarik hingga mereka melompat-lompat ke atas permukaan air. Keadaan tersebut dimanfaat nelayan Taiwan ini dengan cara menaruh jaring mereka.

fire-fishing-Taiwan7-600x400

Tangkapa ikan yang sederhana seperti itu sangat mempesona dan menarik para pelancong. Para nelayan Taiwan melakukan ini, biasanya pada malam hari. Mereka menggunakan bambu dengan minyak tanah untuk membuat tongkat api tersebut.

Tradisi ini, seperti dilansir Odditycentral.com, pertama kali diperkenalkan oleh bangsa jepang pada masa colonial. Hingga pada saat ini, masih terus dilestarikan oleh masyarakat setempat, khususnya di pelabuhan Jinshan.

Diketahui, dulu terdapat lebih dari 300 perahu yang melakukan tangkapan seperti ini. Namun sudah berkurang hingga hanya tinggal tiga saja. [fajar]

loading...
Click to comment
To Top