Ada 44 Jenis Narkoba Beredar di Indonesia dari Total 634 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Ada 44 Jenis Narkoba Beredar di Indonesia dari Total 634

Komjen Budi Waseso

FAJAR.CO.ID, BATAM – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Waseso mengungkapkan hingga saat ini di dunia terdapat 634 jenis narkoba. Dan yang telah masuk ke Indonesia sebanyak 44 jenis. 

“Baru tercantum dalam undang-undang ada 18 jenis saja. Jadi jenis baru, tak bisa kita jerat dan bawa ke ranah hukum,” ujar Budi Waseso dalam acara ASEAN Seaport Intredection Task Force (ASITF) di Batam, Kepri, Rabu (20/7). 

Selama berada di Batam, Budi Waseso akan melakukan sosialisasi bahaya narkoba pada sejumlah perusahaan. Buwas dan rombongan juga Pelabuhan Batuampar.

Menurut dia, pelabuhan, baik resmi maupun ilegal, sangat rawan menjadi pintu masuk narkoba. Khususnya dari luar negeri.

“Peredaran narkoba itu kuat melalui jalur laut, makanya kami berkumpul membicarakan persoalan ini,” kata Budi Waseso seperti dikutip dari batampos (Fajar Group).

Ia mengatakan bahwa Indonesia memiliki garis pantai terpanjang yakni 99.093, sangat dirugikan atas peredaran narkoba melalui pelayaran ini. Sehingga ia merasa perlu ada kerja sama antar negara, agar dapat mengatasi peredaran nakoba. 

“Garis pantai ini terpanjang kedua setelah Kanada. Dengan personil yang terbatas, garis pantai panjang ini dimanfaatkan oleh pengedar narkoba,” ujarnya. (ska/ray/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top