Asik Main Pokemon GO, Pemuda Tewas Tertembak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Asik Main Pokemon GO, Pemuda Tewas Tertembak

FAJAR.CO.ID – Game Pokemon Go memakan korban jiwa. Sepertinya Jerson Lopez de Leon menjadi korban tewas pertama. Kemarin (20/7) remaja 18 tahun itu ditemukan tewas dengan luka tembak di jalanan di Kota Chiquimula, Guatemala.

Sementara itu, sang sepupu, Daniel Moises Picen, terluka parah. Keduanya diduga menjadi korban penyerangan saat sedang asyik mencari pokemon.

Menurut keterangan ibundanya, malam itu Leon sudah bersiap tidur ketika Picen mengirim pesan kepadanya. Mereka janjian untuk mencari pokemon. Entah apa yang terjadi, mereka sudah ditemukan dalam keadaan terkapar di jalan.

Polisi menduga mereka diserang sekelompok orang. Sebab, ada saksi mata yang menyebutkan bahwa sebuah mobil van yang biasa digunakan petani terlihat meninggalkan lokasi.

Polisi menemukan 20 selongsong peluru di sekitar lokasi kejadian. Kemungkinan, pelaku mendeteksi keberadaan remaja tersebut dari game yang sedang hit itu.

Dugaan lain, keduanya masuk ke sebuah rumah untuk menangkap pokemon. Namun, sang pemilik rumah mengira mereka sebagai maling dan menembakinya. ”Saya tidak tahu kenapa anak saya keluar rumah,” kata Rosalinda, ibunda Leon.

Pokemon Go memang membikin banyak orang keranjingan. Sebab, mereka ditantang menangkap aneka jenis pokemon. Semakin langka, pokemon yang ditangkap semakin kuat diadu. Karena itulah, banyak yang rela menjelajahi lokasi tidak lazim demi mendapatkan pokemon yang jarang ditemui.

Keasyikan itulah yang membahayakan. Sebab, lantaran sering kali fokus dengan layar HP, pemain tidak waspada dengan lingkungan sekitar.

Di Bosnia, muncul peringatan keras bagi pemain game rilisan Niantic Labs tersebut. Sebab, negara itu memiliki ladang ranjau tanam yang tersebar di mana-mana. Sekitar 20 persen wilayah Bosnia memiliki ranjau yang tertanam.

Sejak perang berakhir pada 1995 hingga kini, sudah ada 600 orang yang tewas karena tidak sengaja menginjak ranjau yang tersembunyi di dalam tanah.

”Kami mendapat informasi bahwa banyak warga yang mendatangi lokasi dengan risiko (ranjau) tinggi demi bermain Pokemon Go. Kami sarankan jangan lakukan itu. Perhatikan papan peringatan dan jangan pergi ke lokasi yang tingkat keamanannya tidak diketahui,” begitu pernyataan yang diunggah Posavina bez mina, organisasi nirlaba yang fokus pada pembersihan ranjau di Bosnia. (independet/mirror/BBC/hep/c20/any/JPG)

loading...
Click to comment
To Top