Baterai Ponsel Anda Boros? Berikut Tips Nge-charge yang Benar! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Teknologi

Baterai Ponsel Anda Boros? Berikut Tips Nge-charge yang Benar!

image

Baterai ponsel dewasa ini berbeda dengan ponsel di awal millenium. Kalau dulu baterai ponsel bisa tahan lebih dari satu hari atau bahkan lebih, namun ponsel jaman sekarang yang notabene adalah smartphone dengan layar besar dan terkoneksi dengan internet, membuatnya sangat haus akan baterai.

Namun tahukah anda jika buruknya performa baterai smartphone anda saat ini adalah akibat dari kesalahan anda sendiri? Menurut situs perusahaan baterai Cadex, yang dikenal dengan situsnya bernama Battery University (BU), baterai lithium-ion yang banyak digunakan pada smartphone dewasa ini sangat mudah tertekan alias “stress”.

Jadi jika anda ingin menjaga agar performa baterai smartphone anda dapat berjalan lebih lama dan maximal, coba ikuti dua tips berikut:

1. Cabut ketika sudah terisi penuh
Menurut BU, ketika baterai sudah terisi 100 persen, jangan dibiarkan terus tercolok. Hal itu akan menyebabkan baterai dalam posisi stress tinggi. Dalam keadaan itu, kandungan kimia dalam baterai akan semakin berkurang.

2. Charge ponsel anda setiap ada kesempatan
Ternyata, baterai ponsel kita akan lebih “senang” jika kita mengisinya beberapa kali (meski hanya sebentar) ketimbang diisi satu kali dalam waktu yang lama hingga penuh.

Menurut BU, mengisi baterai setiap sudah berkurang 10 persen adalah hal yang baik. Memang terkesan tidak praktis, namun mengisi baterai berkali-kali dalam sehari ternyata bukan hal yang merugikan umur baterai itu sendiri. Tidak hanya membuatnya mampu bekerja secara optimal dalam waktu lama, namun juga menjaga memastikan anda tidak akan kehabisan baterai disaat krusial.

loading...
Click to comment
To Top