Damayanti Sebut Semua Anggota Komisi V Dapat Komisi Dana Aspirasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Damayanti Sebut Semua Anggota Komisi V Dapat Komisi Dana Aspirasi

Damayanti Wisnu Putranti

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Mantan Anggota Komisi V DPR Damayanti Wisnu Putranti menyebut semua anggota komisi V DPR mendapatkan jatah dana aspirasi. Melalui kuasa hukumnya, Wirawan Adnan, Damayanti mengungkap total dana aspirasi yang diketok untuk komisi pekerjaan umum itu bernilai Rp 2,8 Triliun.

“Jadi kan totalnya Rp 2,8 triliun itu semua komisi lima dapat, termasuk pimpinannya,” kata Wirawan saat ditemui di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (21/7). 

Wirawan mengatakan, pembagian besaran jatah proyek aspirasi ditentukan oleh para pimpinan komisi V DPR. 

Hal tersebut juga pernah diungkap Kasi Perencanaan dan Kerja Sama Kemen-PUPR, Hasanuddin dalam persidangan sebelumnya.  Menurut Wirawan, penjatahan itu dilakukan dalam pertemuan antara pimpinan komisi V serta jajaran pejabat eselon I Kemen-PUPR sekitar September 2015.

Tak hanya itu, Wirawan pun mengatakan bahwa Damayanti mengetahui adanya pertemuan atau rapat informal tersebut dari tenaga ahlinya.

Karena itu, kata dia, bukan Damayanti yang menggerakkan anggota komisi V DPR untuk memberikan proyek aspirasi berupa pekerjaan di Maluku untuk dikerjakan PT Windhu Tunggal Utama. 

“Berdasarkan dua persidangan, kalau tidak para pimpinan atau dari Kemen-PUPR. Atau mereka berdua bekerja sama, bukan Damayanti. Kalau Damayanti hanya penerima,” tutur Wirawan.

Pertemuan informal antara pimpinan komisi V DPR dan pejabat Kemen-PUPR itu pun dibenarkan Kabag Sekretariat Komisi V, Prima Maria. Prima mengakui rapat tersebut merupakan rapat informal lantaran tidak ada notulensi dan rekaman.

Padahal, di setiap rapat resmi komisi V dan mitra kerjanya, Prima selalu dilibatkan sebagai notulen. Prima hanya mengakui bahwa dia mengirimkan pesan singkat terkait undangan rapat itu. (put/jpg)

loading...
Click to comment
To Top