Pokemon Go! SYL Ingatkan Orang Tua, Sekkot Warning PNS – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Pokemon Go! SYL Ingatkan Orang Tua, Sekkot Warning PNS

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-  Game Pokemon Go, telah membooming di mana-mana. Tak pandang usia, permainan virtual yang sebenarnya masih berumur jagung itu telah memikat hati para gamers, baik dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa

Dilansir Berita Kota makassar, Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo menilai, game online yang saat ini lagi booming hanya temporary alias sementara saja. Karenanya, dia tak ingin jenis permainan tersebut terlalu dibesar-besarkan.

“Saya melihat sebenarnya game itu terlalu dibesar-besarkan. Akhirnya orang cari,” kata Syahrul, Rabu (20/7). 

Dia melanjutkan, sebenarnya ada sisi positif dan negatif hadirnya game itu. Positifnya, Pokemon Go memberi warna lain dalam permainan game. Bagi orang yang ingin bergerak, game ini baik dimainkan ketimbang harus duduk bermalas-malasan.

Selain itu, orang yang sedang memainkan Pokemon Go ketahuan ketika sedang berburu monster sehingga lebih mudah pengawasannya. Apalagi jika yang memainkan pegawai pemprov. “Pasti akan mudah ketahuan, karena mainnya beda dengan game lain,” jelas Syahrul.

Orang nomor satu di Sulsel ini mengaku tidak terlalu resah karena hadirnya game online ini. Cuma, yang menjadi catatannya, orang tua harus tetap mengontrol anak-anaknya yang memainkan game ini. Jangan sampai karena asik dan fokus bermain, mereka mengabaikan kondisi lingkungan sekitarnya. Apalagi jika sudah membahayakan diri.

“Anak-anak harus dikontrol. Ibu-ibu harus lebih proaktif,” ungkapnya. Selain itu, dia menekankan kepada orang tua agar bisa mendisiplinkan anak-anaknya. Ada waktu bermain, belajar, beribadah. Itu untuk melahirkan generasi unggul. “Jangan sampai mereka hancur besok. Masalah moral dan pemahaman budaya anak harus diperhatikan,” tegasnya.

Penegasan berbeda disampaikan Sekretaris Kota (Sekkot) Makassar, Ibrahim Saleh. Ia mewarning seluruh pegawai di lingkup pemkot untuk tidak sekali-kali bermain Pokemon Go, khususnya di saat jam kerja.

Jika di luar jam kerja, kata Ibe –sapaan akrab Ibrahim Saleh– itu tdak menjadi masalah. Karena setiap orang tentu membutuhkan hiburan. Akan tetapi untuk permainan Pokemon Go, diharapkan untuk memperhatikan keselamatannya.

“Sebenarnya tidak masalah jika ada pegawai bermain game Pokemon Go. Hanya saja jangan bermain game saat jam kerja. Kalau di luar jam kerja itu tidak ada masalah, yang penting tetap memperhatikan keselamatan,” kata Ibe, kemarin.

Permaianan Pokemon Go sendiri, menurut Ibe juga memiliki nilai yang baik, karena mampu mengajak pemain untuk bergerak sekaligus berolahraga. Hanya saja jika berburu pokemon hingga di pinggir jalan, bisa berakibat fatal dan mengancam keselamatan orang tersebut jika terlena.

“Pintar pintar saja bermain, jangan sampai keselamatan terancam hanya karena permainan dengan berburu monster Pokemon,” Ibe mengingatkan. (*/rus)

loading...
Click to comment
To Top