Di Sini Blanko e-KTP Habis – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Di Sini Blanko e-KTP Habis

FAJAR.CO.ID, TANJUNG REDEB – Warga Berau yang ingin membuat KTP elektronik alias e-KTP harus gigit jari. Sebab, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Berau menghentikan sementara pencetakan e-KTP sejak Senin (18/7).

Kebijakan itu diambil karena blanko KTP-el sedang kosong. Kepala Disdukcapil Berau Fredy Suryadie mengatakan kekosongan sudah terjadi dua kali sepanjang tahun ini.

Yang pertama terjadi sebelum Idulfitri. “Kebetulan ada dirjen kunjungan ke Balikpapan pada 1 Juli, jadi kami ambil ke sana dua kotak,” ujar Fredy, Rabu (20/7) kemarin.

Dia menambahkan, blanko yang diambil di Balikpapan berisi sekitar 800-900 lembar. Kemudian digunakan pada hari pertama kerja setelah libur Idulfitri atau cuti bersama, Senin (11/7). Namun, jumlah itu hanya cukup digunakan hingga 16 Juli.

Dia mengaku sudah meminta kembali blanko ke pusat. Namun, jumlah blanko yang datang tidak akan banyak, hanya sekitar 4.000-5.000 lembar. Padahal, kebutuhan Disdukcapil setiap bulannya rata-rata sekitar 2.000-3.000 lembar.

“Tidak banyak seperti biasanya, karena di pusat juga tinggal sedikit. Pengadaannya menunggu proses lelang pada Agustus, setelah itu baru normal kembali,” tambah Fredy.

Saat ini, staf Disdukcapil sudah bertolak ke Jakarta untuk mengambil blanko KTP-el. Pasalnya, blanko tersebut tak bisa dikirim melalui jasa pengiriman alias harus diambil sendiri. Menurut Fredy, proses pencetakan bisa dilanjutkan Senin (25/7). (app/udi/kpnn/ica/k11)

loading...
Click to comment
To Top