Perppu Kebiri Akan Disahkan Jadi UU – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Perppu Kebiri Akan Disahkan Jadi UU

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – DPR dan pemerintah bersepakat akan menjadika Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2016 tentang hukuman kebiri menjadi undang-undang.

Rencananya, Perppu itu akan dimasukan dalam draft UU Kebiri dan disahkan pada 27 Mei 2016 mendatang.

Anggota Komisi VIII dari Fraksi PDIP Syamsu Niang berpendapat, Perppu Kebiri ini tidak perlu lagi dibahas melainkan langsung disahkan menjadi UU di Rapat Paripurna.

Desakan untuk pengesahan UU Kebiri itu, karena kasus kejahatan seksual terhadap anak sudah memprihatinkan. Dengan adanya UU itu, maka kejahatan seksual terhadap anak yang begitu marak dapat diatasi.

“Perppu kebiri yang bakal jadi UU itu akan dapat melindungi anak Indonesia,” ujar Syamsu dilansir Indopos (Fajar Group), Jumat (22/7).

Senada dengan itu, anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Maman Imanulhaq menuturkan, bila Perppu Kebiri jadi UU, pemerintah harus memastikan akan dapat menimbulkan efek jera pada pelaku.

“Aspek teknis dalam pelaksaan kebiri dan pemasangan chip harus diperjelas,” kata Maman.

Dengan bakal dibahasnya Perppu Kebiri ini menjadi UU, maka DPR akan memanggil Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk dimintakan masukannya terkait Perppu tersebut.  Rencananya pemanggilan dilangsungkan pada Senin (25/7) nanti. (dil/iil/JPG)

loading...
Click to comment
To Top