Risma-Sandiaga Ancaman Serius Bagi Ahok – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Jabodetabek

Risma-Sandiaga Ancaman Serius Bagi Ahok

222213_970815_095001_519753_20140120214137_JKT_RismaLaporKPK3_ali

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago menilai pasangan Tri Rismaharini-Sandiaga Uno dapat menjadi pesaing serius bagi petahana Basuki T Purnama alias Ahok. Analisa tersebut berdasarkan pergerakan elektabilitas Risma dan Sandi dalam survei-survei yang muncul belakangan ini.

“Tren semakin menguatnya elektabilitas dan popularitas simulasi pasangan Risma-Sandiaga Uno jelas akan semakin menambah rasa percaya diri mereka untuk bersatu. Ini menjadi tantangan sekaligus ancaman yang serius bagi Ahok,” katanya di Jakarta, Jumat (22/7).

Pangi menuturkan, duet Risma-Sandiaga akan sulit disaingi popularitas dan elektabilitasnya oleh kontestan lain. Apalagi jika nantinya Ahok salah mengambil wakil dan maju melalui jalur independen.

Menurut Pangi, baik Risma maupun Sandiaga memiliki jaringan yang cukup kuat dan mengakar di level akar rumput. Apalagi di belakang keduanya ada PDI Perjuangan dan Gerindra, yang tak lain adalah partai nomor 1 dan 2 terbesar di Jakarta.

Untuk mengantisipasi duet keduanya, lanjut Pangi, Ahok harus memastikan dapat berpasangan dengan calon wakil gubernur yang elektabilitas dan popularitasnya tinggi sebagai tambahan suntikan elektoral.

“Intinya baik Ahok maupun Risma memiliki kans potensial menjadi Gubernur DKI. Ini sangat bergantung pada kemahiran dan kelihaian masing-masing calon gubernur meminang wakilnya sebagai suntikan elektoral voter. Wakil merupakan salah satu determinan yang menentukan terpilih menjadi gubernur DKI Jakarta,” terang dia.

Sejauh ini Risma sendiri belum menyatakan diri akan maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Sementara, Sandiaga Uno yang telah menyatakan kesiapannya, sudah melakukan kegiatan sosialisasi ke sejumlah kecamatan di Jakarta.‎ (dil/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top