BAHAYA!!! Ada Sayuran Dicuci Pakai Air Parit Lalu Dijual – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

BAHAYA!!! Ada Sayuran Dicuci Pakai Air Parit Lalu Dijual

FAJAR.CO.ID, SAMPIT – Warga Ketapang, Kalimantan Tengah harus lebih selektif saat membeli wortel. Sebab, para pedagang tak selalu menjual wortel yang higienis. Beberapa pedagang mencuci wortel dengan air parit di Jalan Pangeran Antasari.

Camat MB Ketapang Ahmad Sarwo Oboy mengatakan, sejumlah pedagang tersebut hanya diberikan teguran agar tidak sembarangan mencuci dagangannya yang akan dijual.

Untuk mengawasi hal tersebut, pihak kecamatan meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mengawasi sejumlah pedagang. Khususnya di sekitar Kota Sampit.

Kasatpol PP Kotim Rihel mengatakan, pihaknya belum mengambil tindakan tegas. Sebab, sesuai arahan Camat MB Ketapang, para pedagang diberikan teguran terlebih dahulu. Akan tetapi, hal ini harus menjadi perhatian serius.

”Saat ini kami hanya diminta mengawasi, ternyata sudah banyak keluhan dari masyarakat. Banyak pedagang sembarangan mencuci sayuran menggunakan air di drainase atau parit. Air itu jelas tidak higienis, bisa membahayakan kesehatan. Kita tidak tahu seperti apa air itu jika sampai dikonsumsi tubuh kita,” ucap Rihel, Jumat (22/7).

Jika terus-terusan terulang, pihaknya akan mengambil tindakan tegas sebelum banyak warga yang dirugikan. Kejadian serupa memang sudah sering terjadi. Pedagang tidak mempedulikan kebersihan dagangannya yang akan dibeli orang lain.

”Jika air itu bersih dan sehat, tidak mungkin dikeluhkan. Sayuran itu untuk dimakan. Jika nanti ada yang sakit karena air yang digunakan itu mengandung penyakit, bagaimana? Siapa yang akan bertanggung jawab?” tandasnya. (mir/ign)

To Top