Di Pentas Formula 1, Rio Haryanto Masih Tetap Optimis – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Sport

Di Pentas Formula 1, Rio Haryanto Masih Tetap Optimis

FAJAR.CO.ID, Keyakinan Rio Haryanto belum meredup. Pembalap Manor Racing asal Indonesia itu terus menjaga optimisme kariernya di pentas Formula 1 tak akan berakhir sampai GP Hongaria, Minggu (24/7).

Memang, sampai sesi latihan bebas perdana, Jumat (22/7), Rio masih menunggu kepastian dari Manor terkait kelanjutan balapnya hingga akhir musim. 

Rio sendiri tak punya jawaban pasti soal kontraknya tersebut. Namun pembalap 23 tahun itu juga memberi sinyal positif.

“Kita akan lihat,” bilang Rio singkat terkait masa depannya di F1 seperti dikutip Motorsport. 

Dalam kontrak awal, Rio hanya akan membalap untuk 11 seri pada musim ini, yang berarti sampai GP Hongaria. Pasalnya, Rio belum melunasi sisa pembayaran sebesar 10 juta euro kepada Manor.

Keputusan terkait masa depan Rio seharusnya sudah muncul di Budapest akhir pekan ini. Terlepas dari kebimbangan, Rio sangat yakin nasib balapannya di paruh musim kedua akan segera ditentukan.

“Saya rasa kalau kita berjumpa di Hockenheim (Jerman), berarti kita akan bertemu sampai akhir musim,” imbuh Rio.

Saat diminta berkomentar lanjutan terkait keyakinan masih akan bersua di Hockenheim, Rio dengan singkat menjawab: “Saya rasa iya”.

Rio sendiri sejatinya tampil cukup baik hingga 10 seri pada musim perdananya di F1. Performanya melebihi ekspektasi banyak pihak. 

Padahal, semula dia diperkirakan akan tertinggal jauh dari rekan setimnya di Manor, Pascal Wehrlein, yang digadang-gadang menjadi pembalap masa depan Mercedes.

Akan tetapi, sejauh ini Rio masih mengimbangi performa Pascal di sesi kualifikasi dengan kedudukan 5:5. Meskipun pada balapan, Rio seringkali masih terganggu dengan strategi dan masalah teknis lainnya. 

“Kualifikasi selalu menjadi pertarungan yang hebat. Tapi masih banyak wilayah di mana aku perlu bekerja lebih keras, khusunya pada balapan,” papar Rio.

“Tak mudah menghadapi situasi blue flag dan kami kerap memiliki strategi berbeda. Satu akan memulai balapan dengan kompon ban softer dan lainnya dengan ban keras. Pasalnya, kami ingin yang terbaik untuk tim dan bertarung dengan mobil lain,” sambung dia.

Terlepas dari segala polemik mengenai masa depannya, Rio mengaku puas dengan performanya sejauh ini.

“Saya senang dengan perkembangan yang saya miliki sejak hari pertama di kokpit mobil dan sekarang situasinya semakin kompetitif,” tandas dia. (ira/JPG)

Click to comment
To Top