La Ode Syarif: Korban HRS Sudah Banyak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

La Ode Syarif: Korban HRS Sudah Banyak

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M. Syarif merasa prihatin dengan kasus KPK gadungan yang memanfaatkan lembaga anti rasuah untuk melakukan pemerasan.

Menurut Syarif, kasus HRS, pegawai KPK gadungan yang diciduk Kamis kemarin (21/7) yang pertama kalinya. Bahkan dirinya pernah menemukan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSK) anti korupsi mengaku-ngaku bisa menangani perkara.

“Sudah banyak korban dan biasanya korban tidak melapor karena merasa bersalah. Kami berharap kepada masyarakat luas yang membawa-bawa nama KPK khususnya pengurusan kasus-kasus di KPK itu pasti palsu,” tegas Syarif saat konfrensi pers di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat (22/7).

Lantaran bukan yang pertama kali, Syarif mengingatkan kepada masyarakat dan LSM terutama yang kerap membawa nama KPK agar menghentikan aksinya. Pihaknya, tak segan untuk menindak tegas bagi masyarakat atau LSM yang mengatasnamakan KPK dalam melancarkan aksi pemerasan terlebih hingga melakukan penggeledahan, bahkan penahanan terhadap korban.

“Jadi siapa yang suka mengatasnamakan KPK atau KPK palsu segera sadar dan akan ditindak tegas,” pungkas Syarif.

Terkait apakah oknum HRS merupakan pemain lama, Syarif mengaku bakal meneliti lebih lanjut. Pihaknya juga akan mempelajari kasus yang membuat HRS mengatasnamakan KPK untuk memeras saksi yang pernah dipanggil penyidik lembaga antirasuah itu.

“Apakah ini orang lama sedang diteliti dan diperiksa tapi sedang karena pengeledahan baru tadi pagi. Menyangkut kasus yang mana sedang dipelajari belum tahu persisinya tergantung hasil penyelidikan dan penyidikan di Polda,” ujar Syarif. [ysa]

Click to comment
To Top