Walikota Akui Produk UKM Palangka Raya Masih Minim – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Walikota Akui Produk UKM Palangka Raya Masih Minim

pengusaha-UMKM-730x345

FAJAR.CO.ID, PALANGKA RAYA– Kreativitas para pelaku UKM di Palangka Raya terhitung minim. Salah satunya terkait pengemasan produk. Karenanya, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Palangka Raya mengadakan seminar.

Wali Kota Palangka Raya, HM Riban Satia memaparkan, target yang dapat diambil dari seminar tersebut yaitu pemerintah dan pelaku usaha untuk memajukan UMKM/IKM yang ada.

“Contoh nyata,  kalau kita masih tertinggal jauh dengan UMKM yang ada di luar sana, dapat dilihat dari cara packaging (pengemasan) produk,” ucap Riban kepada awak media, Kamis (21/7).

Dia mengatakan, kemasan-kemasan produk terutama makanan yang beredar di Palangka Raya, merupakan  hasil UMKM/IKM luar kota. Tidak ada yang asli atau langsung dikelola oleh UMKM atau pelaku usaha lokal.

“Apa yang bisa kita tawarkan untuk masyarakat,  ketika dia membawa tamunya bertandang ke sini? Kalau pengemasan produk saja tidak ada yang khas milik kita,” tukasnya.

Salah satu yang bisa dijadikan contoh ialah pengemasan untuk makanan amplang. Seperti yang dijual di sekitaran Bandar Udara Tjilik Riwut. Di mana tertera pada kemasan itu packaging dari Kota Baru atau juga Sampit.

“Saya rindu melihat packaging dari UMKM/IKM Palangka Raya. Malahan yang ada punya kita hanya dari plastik transparan. Bahkan terkadang untuk merekatkan plastiknya masih menggunakan api lilin. Di mana menariknya,” kata Riban. (tha/jos/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top