ICW: 2 Tahun Memimpin, Jaksa Agung Tak Punya Gebrakan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

ICW: 2 Tahun Memimpin, Jaksa Agung Tak Punya Gebrakan

201955_259553_Prasetyo_Pusing_besar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai kepemimpinan Jaksa Agung M. Prasetyo selama dua tahun ini tidak ada gebrakan apapun, terutama dalam menjalankan Instruksi Presiden nomor 7/20015 tentang aksi, pencegahan, dan pemberantasan korupsi.

“Kejaksaan masih punya hutang penanganan perkara korupsi. Seperti BLBI, Bank Bali, progresnya sangat lambat dan progresnya kita tidak tahu sampai mana,” ujar peneliti ICW, Lalola dalam diskusi bertajuk Hari Bakti Adhyaksa ke-56: Catatan Terhadap Kejaksaan RI” di kantornya, Jakarta Selatan, Minggu (24/7).

Kondisi ini praktis berdampak terhadap reformasi birokrasi di tubuh Adhyaksa. Beber Lalola, ICW bahkan sulit mengakses proses penanganan sebuah perkara.

“Penanganan perkara saja sudah sejauh mana kita sulit mengetahuinya. Bagaimana Kejaksaan bisa mendapatkan kepercayaan publik mengenai keterbukaan informasi penanganan perkara yang terintegrasi, dan kita juga menagih janji Jaksa Agung, mengenai Inpres 7 tahun 2015,” ujar Lalola.

Lebih lanjut, Lalola mengatakan, Presiden Joko Widodo bisa menjadi komandan dalam mempercepat reformasi birokrasi di Kejagung. Menurut dia, Jokowi yang menunjuk Prasetyo tidak bisa terus terdiam dan seolah-olah lepas tangan melihat lambatnya proses reformasi birokrasi di Kejagung, khususnya terkait tata kelola kejaksaan itu sendiri.

“Presiden harus bisa mengambil langkah dalam mereformasi Kejagung. Jokowi bisa memimpin langsung reforamasi yang ada di kejaksaan. Kita peduli dengan Kejaksaan makanya harus ada perubahan,” pungkasnya.[wid]

loading...
Click to comment
To Top